oleh

Begini Bahaya Kesehatan dari Paparan Radioaktif Nuklir di Tangsel

Kabar6-Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten) mengungkapkan dampak terhadap kesehatan manusia dari paparan radioaktif nuklir. Lembaga negara ini menemukan paparan sudah bercampur dengan tanah samping lapangan volley Blok H-I-J di perumahan Batan Indah, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

“Dampak kesehatan radiasi itu penyebab kanker,” kata Kepala Biro Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan kepada kabar6.com di lokasi perkara, Sabtu (15/02/2020).

Kedua, lanjutnya, adalah penyakit rusaknya sistem pembuahan atau hormon pada laki-laki ataupun wanita masyarakat sekitar.

Indra bilang, radiasi zat nuklir menyerang bagian dalam tubuh manusia. “Yang kedua penyebab mandul gitu, hanya penyakit dalam saja. Cuma ini bahayanya efek tunda, susahnya gitu efeknya gak spontan,” jelas Indra.

“Kalau kaya kebakaran kan langusng panas gitu, gak ada baunya gak ada apanya dan itu yang bikin masyarakat tidak was-was, kita hanya mengetahui jika memakai alat,” tambah Indra.

**Baca juga: Terpapar Radiasi Nuklir, 20 Hari Komplek BATAN di Tangsel Dipantau.

Ia memastikan, dalam waktu dekat tim khusus penanggulangan paparan radioaktif nuklir sudah menyiapkan langkah selanjutnya.

“Untuk kedepannya kita berencana untuk mengeruk sampai paparannya sudah normal semua,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru