oleh

Begini Asal Usul Nama 15 Negara di Dunia

Kabar6-Setiap negara di seluruh dunia tentu memiliki nama. Dan tidak sedikit negara yang memiliki nama unik bahkan cenderung aneh. Tidak asal memberi, nama sebuah negara memiliki arti tersendiri sekaligus mengandung sejarah.

Menurut penelitian yang dikumpulkan oleh Quartz, banyak negara di dunia ini yang dinamai berdasarkan empat hal yaitu deskripsi tempat, deskripsi arah, nama suku, dan nama orang-orang penting (kebanyakan pria). Melansir idntimes, ini asal usul nama 15 negara di dunia:

1. Islandia (Iceland)
Islandia awalnya disebut Snæland atau Snow Land yang mendeskripsikan negeri salju. Namun, namanya yang sekarang berasal dari pendatang Norse yang mengubah namanya untuk menghalangi pengunjung lain.

2. Grenada
Negara Grenada dinamai oleh seorang pelaut Spanyol yang melihat pemandangan yang ada di negeri tersebut menyerupai Granada, Spanyol.

3. Guatemala
Guatemala memiliki asal yang kurang jelas. Kemungkinan berasal dari bahasa Aztec ‘quauhtemallan’ yang berarti ‘tanah banyak pohon’ atau ‘tanah elang’. Bisa juga dari kata ‘guhatezmalha’ yang berarti ‘gunung air tercurah’, merujuk pada Gunung Api Agua.

4. Australia
Australia berasal dari bahasa Yunani Terra Australis Incognita yang berarti ‘tanah selatan yang tidak diketahui’. Hal itu karena orang-orang Yunani membayangkan lokasinya yang jauh di belahan Bumi selatan.

5. Irlandia (Ireland)
Irlandia berasal dari ‘iar-en-land’ yang berarti ‘tanah di barat’. Adapun, kata ‘iar’ berasal dari Bahasa Gaelik yang berarti ‘barat’.

6. Ekuador (Ecuador)
Dalam bahasa Spanyol, Ecuador berarti khatulistiwa. Itu karena khatulistiwa melewati bagian utara negara itu.

7. Albania
Albania berasal dari nama sukunya, Albanoi.

8. Bangladesh
Bangladesh berarti ‘tanah orang Bengali’. Orang Bengali mengambil nama mereka dari Banga, kepala Suku Bang.

9. Prancis (France)
Prancis mengambil namanya dari koalisi suku-suku Jermanik, kaum Frank. Asal-usul nama ‘Frank” sendiri kurang jelas. Bisa jadi berasal dari kata ‘Franka’ yang berarti galak atau berani. Bisa jadi juga dari nama pribadi.

10. Hongaria (Hungary)
Hongaria berasal dari ‘On Ogur’, nama sekelompok suku yang berarti ‘sepuluh panah’.

11. Finlandia (Finland)
Nama bahasa Inggris Finlandia, ‘Finland’ berarti ‘Tanah Finns’. Bisa jadi berasal dari bahasa Jermanik ‘finna’ yang berarti sisik ikan. Ini mengacu pada jenis pakaian yang dipakai oleh suku-suku awal Finlandia.

12. Makedonia (Macedonia)
Makedonia berasal dari kata Yunani kuno ‘mak’ yang berarti tinggi. Kemungkinan merujuk pada orang-orang tinggi yang tinggal di sana.

13. Papua Nugini (Papua New Guinea)
Papua Nugini berasal dari kata Melayu ‘papuah’ yang berarti ‘pria berambut keriting’.

14. America
Kata ‘America’ dipakai untuk menghormati penjelajah Itali, Amerigo Vespucci.

15. Filipina (Philippines)
Nama Filipina (Philippines) berasal dari Raja Spanyol abad ke-16, Philip II. ** Baca juga: Demi Curi Sepeda, Pria Ini Nekat Tebang Pohon

Unik, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru