oleh

Begini Applause Untuk Pemprov Banten Jadi Pelopor GEMARIKAN

Kabar6-Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang terus di dorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, mendapat applause dari pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) pada Peringatan Hari Ikan Nasional Tingkat Pemprov Banten yang bertempat di alun-alun Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Ditjen P2HP, KKP-RI, Saadulah Muhdi menyampaikan apresiasi pemerintah pusat kepada Pemprov Banten yang fokus memasyarakatkan makan ikan kepada warga Banten.

Dan, Banten yang pertama kali menjadi provinsi yang menerapkan GEMARIKAN diantara provinsi lainnya.

“Banten boleh kita acungkan jempol sebagai pelopor. Oleh karena itu, peringatan hari ikan nasional kali ini kita fokus pada ketahanan dan protein,” tambahnya.

Dijelaskannya juga, dengan memasyarakatkan makan ikan dapat membangun masyarakat yang sehat dan cerdas, mengingat kandungan protein, omega3 dan berbagai kebaikan yang terkandung didalam ikan.

Disamping itu, dengan memasyarakatkan makan ikan, dapat meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat setempat.  

Dikesempatan sama, Plt. Sekda Banten, Widodo Hadi Menyambut baik apresiasi positif ini. dia menjelaskan, diantara langkah yang telah dilakukan Pemprov Banten guna mendukung program pemerintah pusat tersebut.

Yaitu dengan terbentuknya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Banten oleh Plt. Gubernur Banten Rano Karno. dan, forum itu diketuai oleh ketua tim penggerak PKK Provinsi Banten Oktober lalu.

Kelembagaan FORIKAN ini, tambah Widodo, merupakan wadah yang berperan penting dalam meningkatkan konsumsi ikan, karena melibatkan lintas sektor baik dari SKPD, PKK dan stakeholder lainnya.

“Dengan dibentuknya Forikan ini diharapkan adanya kerjasama yang sinergis dari SKPD terkait di Provinsi Banten Khususnya Dinas pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, dinas Perindustrian dan Perdagangan, swasta dan masyarakat lainnya.” Jelas Widodo.

Selain dihadiri unsur SKPD Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, pada acara GEMARIKAN tersebut juga diundang unsur pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan tinggi serta elemen masyarakat lainnya.(ADV)

Berita Terbaru