oleh

Begini Alasan Sebaiknya Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Gorengan

Kabar6-Gorengan menjadi salah satu camilan favorit sebagian orang, sekaligus sering dikonsumsi sebagai ‘teman’ minum kopi atau teh. Sayangnya, gorengan bukanlah termasuk salah satu makanan yang sehat.

Camilan yang satu ini juga menjadi memberikan sejumlah efek kesehatan yang kurang menguntungkan bagi tubuh. Dikutip dari beberapa sumber, ini dia alasan mengapa Anda sebaiknya tidak mengonsumsi gorengan secara berlebihan:

1. Mengandung lemak trans
Tidak semua gorengan menggunakan minyak baru. Terkadang minyak yang sudah berwarna hitam tetap dipakai untuk menggoreng. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Minyak yang berwarna hitam bisa jadi dipenuhi lemak trans yang berpotensi menyebabkan kanker dan tumor.

2. Makanan yang digoreng dalam suhu tinggi & waktu yang lama gizinya hilang
Banyak ahli gizi dunia mengemukakan bahwa setiap makanan yang digoreng dalam suhu tinggi dan waktu yang lama akan menghilangkan gizi dalam bahan makanan. Artinya, Anda sudah memasukkan makanan non gizi ke dalam tubuh, pada setiap makanan goreng yang dikonsumsi.

3. Mengandung lemak & minyak tinggi yang berpotensi timbulkan penyakit berbahaya
Salah satu sumber stroke, kolesterol, dan jantung adalah lemak. Dan lemak ini banyak ditemui dalam sajian gorengan yang disantap sehari-hari. Para peneliti menyebutkan, mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol hingga dua kali lipat. Itulah sebabnya gorengan erat dengan munculnya penyakit stroke akibat penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol.

4. Tingkatkan risiko obesitas lebih tinggi
Makanan ini terdiri dari balutan terigu yang kaya akan gluten dan karbohidrat. Dua zat inilah yang menyebabkan risiko obesitas semakin tinggi. Karbohidrat dan gluten yang berlebih disertai dengan kadar minyak tinggi, membuat tumpukan lemak semakin banyak di seluruh tubuh. Akibatnya, risiko obesitas semakin tinggi yang dekat dengan banyak penyakit berbahaya. ** Baca juga: Konsumsi Air Putih Bantu Kurangi Stres?

Yuk, mulai kurangi konsumsi gorengan, dan gunakan minyak baru saat menggoreng.(ilj/bbs)

Berita Terbaru