oleh

Begini Alasan Mengapa Olahraga Bikin Pintar

Kabar6-Ada banyak cara untuk melatih ketajaman berpikir. Salah satunya mungkin dengan cara mengerjakan teka-teki silang. Sementara sebagian orang bergantung pada vitamin dan suplemen. Tahukah Anda bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan kognisi dan bahkan meningkatkan pertumbuhan sel otak baru? Dilansir Healthline, ini alasan mengapa olahraga bikin pintar:

1. Tingkatkan kemampuan kognitif
Menurut penelitian terbaru, olahraga dapat meningkatkan performa otak lebih baik lagi. Charles Hillman, seorang profesor di University of Illinois telah mempelajari mengenai hal ini selama beberapa tahun dan menemukan bahwa dengan melakukan aerobik ternyata dapat meningkatkan beberapa aspek kognitif dan juga kinerja otak. Studi terbaru juga membuktikan dengan melakukan olahraga sedang, 30 menit untuk orang dewasa dan 20 menit untuk anak-anak, menghasilkan perbaikan kognitif otak sebanyak 10 persen.

2. Olahraga dapat meningkatkan pertumbuhan sel baru
Manfaat olahraga lebih dari sekadar meningkatkan energi tetapi juga membantu Anda lebih waspada. Olahraga membantu perumbuhan sel baru di otak. Penelitian di Swedia menemukan bahwa dengan berlari dapat meningkatkan aktivitas dari sel syaraf yang terlibat dalam proses belajar dan daya ingat, juga menurunkan kejadian depresi.

Pertumbuhan sel otak yang baru didemonstrasikan oleh para peneliti dari Amerika melalui tikus percobaan dan menganalisis sampel dari jaringan otak tikus. Tikus tersebut diberi stimulus olahraga untuk membuat sel otak tumbuh di bagian hipokampus, dan terbukti rata-rata 6.000 mm per kubik sel baru. Proses ini disebut ‘neurogenesis’.

3. Latihan aerobik
Sejauh ini, penelitian membuktikan bahwa latihan aerobik merupakan olahraga yang dapat menstimulasi sel otak paling baik. Mengapa aerobik menjadi yang terbaik? Peneliti menggunakan teori bahwa peningkatan aliran darah dapat memperbaiki kognisi otak karena peningkatan suplai oksigen ke sel otak. Untuk sel otak sendiri, supaya lebih aktif mereka memerlukan dukungan dari nutrisi dan oksigen yang disuplai oleh darah. Peneliti juga melihat saat kita berolahraga, enzim dan faktor hormonal mengalir deras ke otak untuk meningkatkan kognisi dan juga imunitas tubuh secara keseluruhan. ** Baca juga: Konsumsi 6 Vitamin yang Bantu Kulit Sehat Bercahaya

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru