oleh

Bedakan Antara Intoleransi dan Alergi Makanan

Kabar6-Banyak orang, mungkin juga Anda, yang masih mengangap bahwa alergi dan intoleransi makanan adalah istilah yang sama. Pada dasarnya, keduanya memang memiliki gejala yang hampir serupa, yaitu mengalami reaksi tertentu di dalam tubuh ketika mengonsumsi satu jenis makanan. Namun alergi makanan berbeda dengan intoleransi makanan.

Jadi, apa sih perbedaan antara alergi makanan dan intoleransi makanan? Alergi makanan, melansir Okezone, disebabkan karena reaksi sistem kekebalan yang mempengaruhi beberapa organ tubuh. Alergi makanan dalam beberapa kasus bisa sampai parah dan bahkan mengancam nyawa.

Gejala reaksi alergi makanan umumnya terlihat pada kulit seperti gatal-gatal, gatal, atau bengkak, gejala gastrointestinal dapat berupa muntah dan diare, gejala pernapasan dapat menyertai gejala kulit dan pencernaan.

Apabila Anda memiliki alergi terhadap beberapa makanan, ada baiknya menghindari makanan tersebut dan pastikan selalu membawa obat darurat.

Sementara intoleransi makanan umumnya tidak serius dan hanya sebatas pada masalah pencernaan. Jika memiliki intoleransi pada sejumlah makanan tertentu, Anda masih bisa menikmati makanan tersebut dalam porsi kecil agar tidak menganggu sistem pencernaan.

Jadi bila Anda merasakan adanya reaksi setelah mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya segera menemui dokter untuk menentukan apakah itu alergi makanan atau intoleransi makanan. ** Baca juga: Tidak Hanya Pencernaan, Serat Juga Baik untuk Kecantikan

Alergi makanan perlu ditanggapi dengan serius karena dapat menyebabkan reaksi yang mengancam jiwa (anafilaksis), sehingga membutuhkan perawatan darurat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru