oleh

Beberapa Tradisi Mengerikan Di Belahan Dunia

IlustrasiKabar6-Beragam kebudayaan yang tersebar di berbagai belahan dunia secara tidak langsung membuat keragaman tradisi tiap suku bangsa, salah satunya adalah ritual budaya.

Seringkali ritual suatu suku bangsa dianggap aneh, bahkan mengerikan lantaran tidak masuk akal. Apa saja tradisi paling menyeramkan di dunia seperti dilansir All That is Interesting? Berikut ulasannya:

 

1. Pemakaman Orang Eskimo

Di kalangan orang Eskimo, ada sebuah r itual budaya mengenai kematian yang kendati sudah jarang dilakukan, tetap saja masih ada yang mempraktikannya.

Suku Eskimo saat menjelang ajal akan ditinggal begitu saja. Sementara orang yang sudah tua biasanya akan dirawat dan diantar ke sebuah lokasi terpencil digunung-gunung es apung.

Di tempat itu akan dibiarkan sendiri hingga kematian menjemput. Menurut suku Eskimo, kematian seperti itu sangat bermartabat dan anggun.

 

2. Endo Kanibalisme

Suku Yanomamo tinggal di perkampungan kawasan hutan hujan Amazon antara Venezuela dan Brasil. Ritual yang terbilang cukupmengerikan itu disebut Endo Kanibalisme, yaitu ritual membungkus mayat keluarga yang sudah meninggal dengan daun, lalu dibiarkan selama 30-45 hari.

Setelah melewati waktu tersebut, mayat yang sudah hancur lantas ditumbuk dan dicampur dalam sebuah sup untuk dimakan bersama-sama. Ritual ini dipercaya akan membantu orang yang meninggal segera menuju surga dan meninggalkan sifat-sifat baiknya untuk larut dalam sup yang dimakan anggota keluarga.

 

3. Pembantaian Beruang

Suku Ainu yang berada di daerah Jepang dan Rusia memiliki kecenderungan untuk mengorbankan beruang dalam ritual keagamaan. Mereka percaya bahwa beruang adalah perwujudan dewa yang berada di Bumi dan hidup di antara manusia. Pengorbanan beruang diyakini suku Ainu dapat membawa berkah bagi mereka.

Dalam ritual tersebut, mereka akan menyeret induk beruang dari dalam gua untuk dibantai. Anak beruang dirawat selama dua tahun hingga akhirnya ditusuk di bagian tenggorokan sebagai tanda taat agama. Suku Ainu akan meminum darah dan daging beruang sambil menempatkan tengkorak beruang di atas tombak yang dilapisi kulit beruang.

 

4. Menggendong di Atas Bara Api

Ritual ini lakukan oleh beberapa suku di Tiongkok sebagai ritual pernikahan yang unik dan cukup mendebarkan. Dalam ritual itu, mempelai pria harus menggendong mempelai perempuan di atas batu bara yang panas membara.

Ritual ini dimaksudkan agar seorang istri menjadi bangga lantaran pria yang dia pilih sebagai suami adalah pria yang mempunyai tenaga besar dan semangat dalam memenuhi kehidupan dan kebutuhan rumah tangga. Ritual berjalan di atas batu bara api ini juga biasa dilakukan untuk mencegah bencana alam.

 

5. Potong Jari Tangan

Bagi suku Dani di pedalaman Papua, untuk menunjukkan duka cita saat ada anggota keluarga yang meninggal dunia, mereka wajib memotong jarinya. Pemotongan jari ini sendiri dilambangkan sebagai kepedihan dan sakitnya ketika ada anggota keluarga yang meninggal. Jari bisa diartikan sebagai simbol kerukunan, kesatuan, dan kekuatan dalam diri manusia yakni keluarga.(ilj)

 

 

Berita Terbaru