oleh

Beberapa Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Kabar6-Organ pencernaan sangat dipengaruhi oleh jam dan pola makan selama bulan Ramadan. Karena itulah Anda disarankan memilih makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Adalah makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa? Melansir beberapa sumber, ini empat jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa:

1. Minuman bersoda
Minuman manis dan bersoda sebaiknya dihindari saat buka puasa atau setelahnya. Minuman ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat perut terasa begah. Selain itu, minuman bersoda juga bisa mengurangi kualitas pencernaan.

2. Makanan dengan gula tinggi
Meskipun disarankan berbuka puasa dengan yang manis-manis, Anda tetap harus membatasinya. Pilih makanan manis dengan gula yang tidak terlalu banyak, agar energi dalam tubuh bisa kembali seperti semula. Pilih makanan manis yang alami, seperti buah-buahan dan madu.

3. Hindari minuman berkafein
Saat buka puasa sebaiknya hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kandungan kafein bisa membuat tubuh mudah kehilangan cairan. Jadi, batasi konsumsi minuman berkafei agar puasa Anda menjadi maksimal.

4. Makanan terlalu banyak garam
Selain makanan yang terlalu manis, hindari juga makanan yang terlalu asin atau terlalu banyak garam, karena bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Hal ini terjadi karena kemampuan tubuh menyerap cairan akan terganggu. Selain itu, makanan terlalu asin juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. ** Baca juga: Bagaimana Agar Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Jangan salah memilih menu berbuka puasa agar tubuh selalu fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru