Beberapa Makanan yang Sebaiknya Dihindari Agar Kulit Tetap Sehat

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kulit adalah bagian tubuh yang paling terlihat dari luar. Kondisi dalam tubuh dapat dengan jelas direfleksikan melalui kulit. Karena itulah jika Anda mengonsumsi makanan yang tidak baik atau kurang tidur, efeknya akan langsung terlihat pada kulit.

Mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, dan mendapat istirahat cukup, secara otomatis kulit menjadi cerah dan menunjukkan Anda sehat dari dalam. Makanan apa saja sih yang perlu dihindari agar kulit tetap sehat? Dilansir Magforwomen, berikut empat jenis makanan yang dimaksud:

1. Makanan olahan
Sebagian besar makanan olahan mengandung sejumlah bahan aditif dan pengawet yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menghasilkan minyak berlebih, sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, makanan yang diawetkan juga dapat membuat kulit menjadi kusam karena kurangnya kandungan nutrisi segar di dalamnya.

2. Gula
Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat membuat keseimbangan hormon tubuh menjadi rusak dan menyebabkan jerawat. Jadi disarankan untuk mengurangi asupan gula. Sebagai gantinya bisa didapat dari sumber yang alami seperti buah-buahan, kurma, jus segar, air kelapa, dan lainnya.

3. Keripik & camilan kemasan lainnya
Terlalu banyak garam dan pengawet dalam keripik dan camilan kemasan lainnya yang bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh. Hal ini tak hanya membuat tubuh tampak membengkak, tapi juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti keriput dan jerawat. Jadi batasi konsumsi makanan ringan yang mengandung banyak garam.

4. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji seperti pasta, pizza, kentang goreng dan sejenisnya adalah musuh bagi kesehatan kulit. Makanan tersebut dapat memperlambat metabolisme, sehingga tidak hanya menambah berat badan, tapi juga menyebabkan masalah pada aliran darah dan meningkatkan kolesterol. Kulit jelas tidak mendapat suplai darah yang sehat karena itu menjadi berminyak, menyebabkan berbagai masalah kulit. ** Baca juga: Bakar Lemak Tidak Melulu Harus dengan Berolahraga

Yuk, mulai perhatikan lagi kesehatan kulit.(ilj/bbs)