oleh

Beberapa Makanan yang Bisa Picu Komedo pada Wajah

Kabar6-Munculnya komedo di wajah tentu saja akan mengganggu penampilan, terlebih bagi kaum wanita. Selain karena kurang menjaga kebersihan wajah, serta alat-alat kecantiak, komedo juga bisa disebabkan oleh makanan, lho.

Makanan yang dapat menyebabkan komedo adalah yang bisa mempengaruhi produksi lemak pada kelenjar lemak bawah kulit. Melansir timesindonesia, berikut adalah beberapa makanan yang dimaksud:

1. Makanan pedas
Makanan atau masakan pedas merupakan bahan makanan yang bisa memicu metabolisme tubuh berlebih. Hal ini dapat merangsang metabolisme tubuh, hingga produksi hormon.
Kedua kondisi tersebut yang dapat memicu terjadinya produksi lemak bawah kulit menjadi berlebihan.

2. Makanan berlemak
Asupan lemak atau minyak yang lebih dari kebutuhan, tentu membuat simpanan lemak dalam tubuh juga menjadi berlebihan. Hal ini tentu secara otomatis dapat menyebabkan kelenjar lemak memproduksi lemak lebih banyak dan memicu munculnya komedo.

Makanan yang banyak mengandung lemak, adalah makanan yang diolah dengan metode goreng, deep frying, atau goreng dengan tepung. Untuk itu, usahakan memilih makanan yang diolah dengan metode masak rendah lemak agar wajah bebas komedo.

3. Makanan berkarbohidrat
Makanan berkarbohidrat yang dikonsumsi lebih dari kebutuhan akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Untuk itu, selalu batasi porsi karbohidrat yang Anda konsumsi dalam satu hari. Hindari memilih menu tinggi karbohidrat misalnya mi bersamaan dengan nasi, atau roti dengan kentang.

4. Makanan mengandung gula
Gula sebagai karbohidrat sederhana juga dapat menjadi penyebab terjadinya komedo pada wajah. Hal ini disebabkan gula yang menumpuk dalam tubuh akan meningkatkan kalori dan pembentukan lemak. ** Baca juga: Begini Alasan Sebaiknya Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Gorengan

Jadi batasi keempat jenis makanan tadi agar terhindar dari komedo.(ilj/bbs)

Berita Terbaru