oleh

Beberapa Makanan yang Bisa Picu Keputihan

Kabar6-Keputihan (Fluor Albus) merupakan sekresi vaginal pada wanita. Pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam Miss V dan di sekitar bibir Miss V bagian luar.

Penyebab keputihan yang paling sering antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Keputihan sendiri bisa disebabkan oleh kebiasaan perawatan organ intim yang buruk serta faktor kebiasaan lainnya seperti kebiasan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Dikutip dari Gold Dokter, berikut adalah tiga makanan yang ternyata bisa memicu terjadinya keputihan:

1. Gorengan dengan bumbu pedas
Gorengannya saja sudah bisa memicu terjadinya masalah keputihan apalagi, terlebih jika disertai dengan bumbu yang pedas. Dalam gorengan biasanya terdapat banyak tepung, di mana ini adalah sumber gula yang bisa meningktakan jumlah bakteri pada organ intim.

2. Makanan kalengan
Apabila dikonsumsi setiap hari, makanan kalengan bisa meningkatkan risiko terkena masalah alergi serta masalah keputihan. Nah, sebaiknya kurangi makanan kalengan ini dengan rutin mengonsumsi makanan alami organik.

3. Makanan tinggi gula
Makanan yang tinggi gula atau manis sebaiknya dikurangi, sebab bukan hanya mengundang penyakit obesitas, tapi juga mempermudah bakteri berkembang lebih cepat di daerah intim yang bisa memicu keputihan. ** Baca juga: Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Cegah Kerusakan Otak

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru