oleh

Beberapa Makanan yang Ampuh Cegah Glaukoma

Kabar6-Glaukoma adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada saraf optik yang biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata. Gejala-gejala glaukoma dapat berupa nyeri pada mata, sakit kepala, melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya, mata memerah, dan lain sebagainya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Penyebab glaukoma adalah meningkatnya tekanan di dalam mata (tekanan intraokular), baik akibat produksi cairan mata yang berlebihan, maupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut.
Tekanan ini dapat merusak serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga. Hingga kini, belum jelas kenapa produksi cairan mata bisa berlebihan atau kenapa saluran pembuangannya bisa tersumbat.

Adakah cara sederhana untuk mencegah penyakit glaukoma? Dilansir The alternative Daily, berikut adalah empat jenis makanan yang bantu mencegah glaukoma:

1. Teh
Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Journal of Ophthalmology, peminum teh memiliki risiko 74 persen lebih rendah terkena glaukoma, suatu kondisi yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Penelitian tersebut masih belum lengkap, namun para peneliti berspekulasi bahwa flavonoid berupa antioksidan dalam teh membantu melindungi sel-sel retina dari kerusakan oleh radikal bebas.

2. Minyak ikan
Para ilmuwan telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dalam minyak ikan membantu meningkatkan kesehatan membran sel di mata, yang dapat membantu melumasi mata sehingga bisa mencegah penyakit glaukoma, katarak, dan degenerasi makula.

3. Buah blueberry
Pada perang dunia kedua (PD II), para pilot wajib makan buah ini karena bisa meningkatkan penglihatan pada malam hari. Buah blueberry memang sangat bagus untuk mata Anda. Buah ini adalah sumber antioksidan yang kaya pigmen, yang dapat membantu melindungi dan mengisi pigmen makula mata Anda.

Secara khusus, blueberry adalah sumber makanan yang kaya akan zat yang disebut anthocyanin , yang berguna melawan stres oksidatif pada mata serta peradangan. Zat ini juga ditemukan dalam buah-buahan berwarna lain seperti anggur merah dan ceri gelap.

4. Kale
Sayur ini sangat kaya akan kandungan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, yang menurut American Optometric Association dapat membantu mencegah penyakit glaukoma katarak , degenerasi makula dan gangguan mata lainnya. ** Baca juga: Jangan Sepelekan 4 Tanda Perubahan Kesehatan Wanita di Usia 20-an

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru