oleh

Beberapa Jenis Kandungan Tak Sehat yang Sering Ditemukan pada Makanan Siap Saji

Kabar6-Ada banyak makanan siap saji yang dijual supermarket atau mini market. Dan Anda mungkin sering mengonsumsi makanan siap saji karena cara pengolahannya yang terbilang praktis, hanya perlu memanaskannya sebentar dalam microwave dan siap dimakan.

Namun tahukah Anda, ada sejumlah makanan siap saji mungkin mengandung berbagai zat berbahaya bagi kesehatan? Melansir Naturalon, berikut beberapa jenis racun yang sering ditemukan pada makanan siap saji:

1. Pewarna makanan
Anda dapat menemukan pewarna makanan pada hampir setiap jenis makanan. Pada makanan siap saji, Anda mungkin dapat menemukan beberapa jenis pewarna makanan seperti blue 1, blue 2, green 3, yellow 6, dan red 3.

Berdasarkan berbagai penelitian, berbagai jenis pewarna makanan di atas telah terbukti dapat menyebabkan gangguan ginjal, kanker kandung kemih, gangguan kelenjar tiroid, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Pewarna makanan juga dapat menyebabkan terjadinya ADHD dan berbagai gangguan perilaku lainnya pada anak-anak.

2. Aspartam
Aspartam merupakan salah satu jenis pemanis buatan yang tidak mengandung kalori. Aspartam biasanya terdapat di dalam diet soda dan berbagai jenis makanan rendah kalori atau bebas gula. Aspartam dapat ditemukan pada berbagai jenis produk susu bagi anak-anak.

Berdasarkan berbagai penelitian, aspartam menyebabkan gangguan otak, di mana otak berpikir bahwa Anda belum mengonsumsi cukup banyak kalori yang dibutuhkan tubuh anda, sehingga Anda makan dalam jumlah berlebihan.

Selain itu, aspartam diduga juga berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti leukemia (kanker darah), gagal ginjal dan berbagai jenis kanker lain.

3. Benzoat
Benzoat merupakan salah satu jenis pengawet makanan yang banyak digunakan. Pengawet makanan berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur pada berbagai jenis makanan.

Namun, baik natrium benzoat maupun kalium benzoat telah dikenal sebagai zat karsinogenik (menyebabkan kanker), yang telah diketahui berhubungan dengan terjadinya kanker tiroid. Zat karsinogenik ini dapat terbentuk saat makanan terpapar oleh panas atau cahaya.

4. Minyak sayuran
Untuk membuat minyak dari sayuran, maka harus digunakan suatu proses kimiawi yang berhubungan dengan hidrogen. Proses pengolahan ini mengubah minyak kelapa sawit, minyak jagung, dan minyak kedelai menjadi lemak trans. Lemak trans dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya serangan jantung dan pembentukan bekuan darah.

Minyak inilah yang kemudian digunakan untuk mengawetkan makanan, sehingga tetap dapat dikonsumsi setelah beberapa bulan atau tahun setelah proses pengolahan.

5. Tepung putih
Tepung putih merupakan gandum yang telah melalui berbagai proses pengolahan kimia, dan bahkan diwarnai untuk membuatnya menjadi tepung. Setelah berbagai proses pengolahan ini, semua nutrisi di dalam gandum pun akan hilang, termasuk serat.

Selain itu, makanan yang dibuat dari tepung putih juga cepat dicerna oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes. ** Baca juga: 4 Makanan yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Tapi tidak semua makanan siap saji itu buruk. Namun hal yang sebaiknya diperhatikan adalah Anda harus cermat membaca bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya, sehingga menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru