oleh

Beberapa Helai Rambut Milik Presiden George Washington Terselip dalam Lembaran Buku Tua

Kabar6-Beberapa helai rambut milik George Washington, Presiden pertama Amerika Serikat (AS), ditemukan dalam sebuah amplop berlabel ‘rambut Washington’, yang terselip pada sebuah buku tua.

Amplop kecil dengan tulisan tangan ‘rambut Washington’ itu terselip di halaman almanak berlapis kulit yang kotor di rak belakang perpustakaan di Union College New York.

Seorang pustakawan bernama John Myers, melansir theguardian, menemukan amplop tadi saat mengerjakan karyanya. Myers membuka buku berjudul ‘Gaines Universal Register’ atau Kalendar Amerika dan Inggris untuk tahun 1793′, ketika dia pertama kali melihat amplop mungil itu. “Pada suatu bagian saya berhenti sejenak,” kata Myers saat melihat amplop itu.

Dia membuka amplop itu dan menemukan ‘rambut abu-abu kuning yang sangat aneh’, diikat dengan rapi oleh sepotong tali. Meyers dan rekan-rekannya kemudian menghubungi para ahli rambut untuk mengonfirmasi apa yang dia temukan.

“Ini tidak terlalu berharga, mungkin seharga US$2.000 sampai US$3.000 untuk untaian yang Anda miliki, tapi tidak diragukan lagi George Washington,” kata John Reznikoff, kolektor rambut profesional. ** Baca juga: Ini Peringkat Kota Termahal di Dunia untuk Ekspatriat

Reznikoff mengatakan, rambutnya terlalu halus untuk diuji DNA dan akan hancur oleh prosesnya. Rambut itu ditemukan di almanak berukuran saku untuk tahun 1793 milik Philip J. Schuyler, putra Jenderal Philip Schuyler, yang bertugas di bawah Washington selama Perang Revolusi dan mendirikan Union College pada 1795.

Susan Holloway Scott, seorang ilmuwan dan penulis independen, mengatakan bahwa rambut keriting sering diberikan sebagai hadiah pada hari Washington dan kemungkinan Martha Washington memberi potongan rambut suaminya kepada Eliza Schuyler, anak perempuan dari keluarga dan istri Alexander Hamilton.

Philip Schuyler merupakan salah satu pendiri perguruan tinggi tersebut, yang cucunya adalah putra Hamilton. Union college saat ini sedang bekerja untuk melestarikan dan menampilkan rambut itu dengan baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru