oleh

Beberapa Bagian di Dapur yang Jadi ‘Favorit’ Kuman

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meskipun rutin menjaga kebersihan dapur dan mencuci peralatan makan serta memasak, nyatanya masih banyak tempat tersembunyi di dapur yang dapat menjadi tempat favorit bagi kuman. Karena itulah, dikutip dari tempo.co, Anda sebaiknya memperhatikan sarang kuman pada sejumlah titik di dapur. Apa sajakah tempat yang dimaksud?

1. Talenan
Mencuci talenan dengan air atau sabun saja tidak cukup. Kontaminasi silang dapat terjadi jika tidak membersihkan talenan secara menyeluruh. Cuci talenan setiap habis dipakai. Gunakan talenan yang berbeda untuk sayuran dan daging untuk mengurangi kemungkinan kontaminasi silang.

2. Wastafel
Menyimpan peralatan makan kotor di wastafel dalam beberapa jam dapat memicu pertumbuhan kuman dan bakteri. Buang sisa makanan dari peralatan makan dan minum sebelum menyimpannya di dalam bak cuci.

Partikel makanan mentah adalah rumah bagi kuman dan bakteri untuk bernapas. Bersihkan wastafel dapur dengan air panas dan sabun secara teratur. Tambahkan baking soda untuk membunuh kuman dari wastafel dapur.

3. Serbet/lap
Serbet dipakai untuk menyeka peralatan masak dan makan yang basah, atau membawa panci panas ke meja. Serbet yang lembap merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri di dapur. Biasakan mengeringkan serbet setiap habis digunakan. Cuci dengan air panas dan baking soda agar tetap higienis.

4. Spons
Ganti spons setiap bulan untuk menjaga kebersihan di dapur. Peras setelah dipakai dan biarkan kering. Taruh spons dengan sabun cuci piring di tempat terbuka yang cepat kering.

5. Tempat pisau
Jangan pernah menyimpan pisau yang basah pada tempatnya yang terbuat dari kayu. Kayu menyerap air, sehingga mudah lembap dan bisa menjadi sarang kuman. Pilih dudukan pisau yang terbuat dari baja atau plastik karena bisa dicuci, dikeringkan, dan mudah dibersihkan.

6. Rak dapur
Saat memasak, kita terkadang harus mengambil sesuatu dari dalam rak. Tanpa disadari, menyentuh gagang rak setelah memotong sayuran bisa membuatnya menjadi kotor. Ini tentu bisa membuat kuman menempel di sana.

Selalu bersihkan rak dapur, terutama bagian pegangannya, dengan larutan air dan sabun. Cara ini akan membunuh kuman sekaligus membersihkan rak dari noda lemak dan minyak. ** Baca juga: Konsumsi Makanan yang Dianjurkan untuk Sahur

Mudah bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru