Bebek Peking, Sajian Tradisional Asal Beijing

Bebek Peking di Santika Premiere ICE BSD.(fit)

Kabar6-Budaya Tionghoa memiliki beragam keunikan yang kaya akan simbol-simbol dan tradisi. Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan tahun baru Imlek atau “Sintjia” merupakan moment yang sangat dinantikan.

Menyambut datangnya Imlek, tidak lengkap rasanya tanpa mengulas kuliner khas negeri Tirai Bambu ini. Salah satunya adalah Bebek Peking. Olahan Bebek ini merupakan salah satu makanan tradisional China yang telah mendunia, bahkan pada 18 Januari 2012 lalu, warga Amerika merayakan National Peking Duck Day.

kata Riana Megawati, Asistant Public Relations Manager Santika Premiere ICE BSD, menurut informasi dari berbagai sumber, Bebek Peking berasal dari kekaisaran Jingling (Nanjing) sejak lebih dari 300 tahun silam dan dikenal dengan nama Shāo Yāzi pada masa itu.

Olahan bebek ini pertama kali dibuat di Nanjing yang merupakan Ibu kota Provinsi Jiangsu dan Ibu Kota Dinasti Ming awal. Ketika Ibu kotanya berpindah ke Beijing, maka hidangan Bebek Peking dibawa ke Beijing sebagai menu kekaisaran.

Bagi yang penasaran ingin mencicipi Bebek Peking, tidak perlu harus berkunjung ke China sebab di Hotel Santika Premiere ICE-BSD City juga menyajikan hidangan Peking Duck Black Pepper Sauce sebagai menu tradisional China dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek.

Proses pembuatan Peking Duck Black Pepper Sauce ini cukup terbilang rumit. Ingredient berupa bawang merah, bawang putih, bay leaf, wortel, bubuk ngohiong, dan daun bawang dicincang halus kemudian ditumis hingga harum dan ditiriskan.

Ingredient tersebut dimasukan ke dalam perut bebek. Setelah perut bebek terisi penuh dengan bumbu-bumbu tersebut, berikutnya bebek disiram dengan air yang terdiri dari campuran gula maltose, cuka hitam, rempah-rempah dan bahan lainnya.

Kemudian dimasukan ke dalam air mendidih berisi rempah-rempah selama 30 menit. Bebek diangkat, ditiriskan hingga kering dan kemudian dipanggang selama 45 menit pada suhu 150 derajat Celsius. Bebek Peking siap disajikan dengan dengan slice tanpa daging dan dilumuri black pepper sauce!

“Pengunjung dapat menikmati Peking Duck Black Pepper Sauce di hotel berbintang 4 ini hanya dengan harga Rp85 ribu nett sudah berikut dengan ice tea,” pungkas Riana.

Nah, ternyata menu khas kekaisaran China di masa lalu itu ada di Santika Premiere ICE BSD. Jangan tunggu sampai tahun depan, segera ajak keluarga tercinta ke Santika premiere ICE BSD untuk santap menu special imlek di resto santika yang kekinian itu. (fit)