oleh

Beban Kendaraan Berlebih Disebut Biang Kerusakan Jalan di Kabupaten Tangerang

Kabar6-Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang menyatakan banyaknya jalan rusak di Kabupaten Tangerang saat ini disebabkan oleh beban kendaraan yang berlebih, kepadatan lalu lintas, dan faktor alam. “Jalan mengalami kerusakan dini di beberapa ruas jalan di Kabupaten Tangerang,” ujar Kepala Seksi Pembangunan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Socha Anggoro, Senin (2/6/2020)

Socha mencontohkan, seperti yang terjadi di jalan raya Serang kilometer 19,5 Desa Sukanegara Cikupa, yang mengalami kerusakan parah. Namun, menurut dia, sudah diperbaiki. “Tadi pagi saya lewat sudah diperbaiki,”katanya.

Socha menjelaskan, kerusakan jalan dari tahun ke tahun sudah pasti faktor alam, namun secara umum kata dia, kerusakan jalan itu terjadi akibat overload kendaraan barang

” Dari overload sendiri sudah ketahuan bebannya, apalagi Bupati sendiri sudah sangat memperingatkan kepada pengusaha mobil besar untuk ikuti aturan,” ujarnya

Sebelumnya, warga Desa Sukanegara, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang menanam pohon pisang di Jalan Raya Serang kilometer 19,5 yang rusak parah. Aksi ini dilakukan warga sebagai bentuk protes menuntut jalan agar segera diperbaiki.

” Memang itu warga sini yang tanam, kondisi jalannya memang rusak, jadi warga protes dengan cara itu,” tutur Eman kepada Kabar6.com, Senin (1/6/2020)

Menurut Eman, jalan yang rusak dan berlubang sangat mengganggu dan membahayakan pengendara, terutama roda dua.

” Memang rusaknya sudah lama tapi tidak diperhatikan sama sekali. Berbahaya itu kalau sudah hujan deras, lubangnya digenangi air jadi tidak terlihat, motor yang ngebut banyak yang jatuh,” katanya.

**Baca juga: Haji 2020 Ditiadakan, Kepala Kemendag Kabupaten Tangerang: Ini Pilihan Terbaik.

Lanjut Eman, Warga sudah mencoba menutupi lubang itu dengan material seadanya seperti batu dan pasir namun terus tergerus oleh air hujan sehingga kembali berlubang.

” Kami harap Pemerintah melalui Dinas terkait untuk segera perbaiki jalan itu agar tidak terjadi korban lebih banyak lagi,” harapnya. (CR)

Berita Terbaru