oleh

Bayi Perempuan di Israel Lahir dalam Kondisi Ada Janin Kembar dalam Perutnya

Kabar6-Seorang bayi perempuan lahir di Rumah Sakit Assuta Medical Center, Ashdod, Israel, dengan kondisi terbilang langka, karena dalam perutnya ternyata terdapat janin kembar.

Kondisi langka ini diketahui hanya terjadi sekali dalam setiap 500 ribu kelahiran. Dalam keterangan, melansir Yahoo, dokter mengatakan bahwa hasil pemeriksaan USG pada ibu di akhir masa kehamilan memang menunjukkan keganjilan, yakni perut bayi dalam kandungannya membesar. Setelah proses persalinan normal, bayi itu langsung diperiksa dokter secara hati-hati, termasuk dengan melakukan USG dan rontgen.

Betapa terkejutnya tim dokter setelah menemukan sesuatu di dalam perutnya yakni janin kembar. “Kami terkejut mengetahui bahwa itu adalah embrio,” kata Omer Globus, direktur neonatologi Assuta.

Pihak rumah sakit lantas membentuk tim dokter untuk mengoperasi bayi tersebut guna mengeluarkan dua janin dari perutnya. Globus menambahkan, janin yang sudah mati itu belum terbentuk sempurna, melainkan baru berkembang sebagian. Namun beberapa tulang dan jantung sudah terlihat.

“Itu tidak terlihat seperti embrio seperti yang Anda bayangkan,” terang Globus. ** Baca juga: Eating Mask, Masker Hidung yang Diklaim Peneliti Meksiko Mampu Berikan Perlindungan dari Virus COVID-19

Sementara itu, dokter berharap bayi perempuan bisa segera pulih sepenuhnya. Ibu beserta bayinya sudah diperbolehkan pulang. Menurut Globus, ada sejumlah teori tentang bagaimana kasus seperti ini terjadi, salah satunya sang ibu sebenarnya melahirkan bayi kembar, namun satu janin embrio diserap oleh janin lainnya.

“Itu terjadi sebagai bagian proses perkembangan janin, ketika ada rongga yang menutup selama pertumbuhan lalu salah satu embrio memasuki ruang itu. Janin di dalam berkembang sebagian tapi tidak hidup,” ungkap Globus.

Nah, janin dalam janin sering disebut juga kembar parasit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru