oleh

Bayi Mammoth Beku dalam Kondisi Utuh Berusia 30 Ribu Tahun Ditemukan di Kanada

Kabar6-Bayi mammoth atau sejenis gajah purba dalam kondisi utuh ditemukan membeku dalam lapisan es di Kanada, dan merupakan temuan pertama makhluk purba di Amerika Utara.

Mammoth tersebut, melansir npr, diperkirakan berusia lebih dari 30 ribu tahun dan ditemukan pertama kali oleh penambang emas di wilayah Klondike, Yukon. Diketahui, kawasan penemuan ini milik Tr’ondek Hwech’in First Nation. Pemerintah Yukon membandingkan temuan ini dengan bayi mammoth yang ditemukan pada lapisan es Siberia, Rusia pada 2007.

“Ini merupakan mammoth beku paling utuh yang ditemukan di Amerika Utara,” demikian penjelasan pemerintah Yukon dalam pernyataannya. Ditambahkan, ini adalah temuan sejenis kedua di dunia.

Bayi mammoth betina itu dinamakan Nun cho ga, yang dalam bahasa Han artinya ‘hewan bayi besar’, digunakan penduduk asli Amerika di wilayah tersebut. Pemerintah Yukon juga menyebutkan, Nun cho ga seukuran dengan bayi mammoth Lyuba yang ditemukan di Siberia, berusia 42 ribu tahun.

“Nun cho ga itu cantik dan salah satu dari hewan zaman es yang diawetkan yang pernah ditemukan di dunia,” terang Grant Zazula, ahli paleontologi Yukon. ** Baca juga: Misterius, ‘Jejak Kaki Hantu’ Berusia Belasan Ribu Tahun di Utah

Nun cho ga adalah mammoth beku paling utuh yang ditemukan di Amerika Utara. Pada 1948, ditemukan betis mammoth yang dinami Effie di tambang emas di Alaska.

Menurut laporan, Nun cho ga digali setelah seorang penambang menghubungi si bos untuk melihat sesuatu yang ditabrak buldosernya di Sungai Eureka yang berlumpur, di selatan kota Dawson.(ilj/bbs)