oleh

Bawaslu: 2 ASN Banten Tak Terbukti Ikut Kampanye Anak Gubernur

Kabar6-Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudih mengatakan, kedua ASN yang dijatuhi hukuman sanksi sedang berdasarkan surat rekomendasi KASN beberapa waktu lalu, menurut Didih, tidak terbukti ikut terlibat.

Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan saksi-saksi dan alat bukti milik Bawaslu Banten, bahwa kedua ASN yang disangkakan ikut terlibat pada pencalonan DPD RI M. Fadhlin Akbar yang tidak lain adalah putra Gubernur Banten Wahidin Halim tidak terbukti.

Menurutnya, kedua ASN dilingkungan Pemprov Banten antaranya Kepala Dinas Pertanian Agus Tauchid (AT) dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babar Suharso (BS) hanya dimasukan kedalam sebuah group WA yang sengaja dibuat oleh Kasubag TU Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Serang-Cilegon, Faturrohman (FR).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dan bukti-bukti, keduanya tidak terlibat atau ikut mengkampanyekannya,” terang Didih, kepada kabar6.com, Senin (15/7/2019).

Meski begitu, terkait surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh KASN agar ketiga ASN tersebut bisa dikenakan sanksi sedang oleh Pemrov Banten, Didih enggan mengomentarinya, karena menurutnya hal itu menjadi ranahnya KASN untuk mengeluarkan rekomendasinya agar Pemprov Banten bisa segera menjatuhkan sanksi kepada ketiganya, dalam hal ini Gubernur Banten selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Saat disinggung mengenai surat permohonan yang dilayangkan BKD Banten yang meminta permohonan berkas salinan pemeriksaan terhadap ketiganya, sambung Didih, pihaknya mengaku akan segera melayangkan hasil pemeriksaannya untuk diserahkan kepada Pemprov Banten.

“Surat permohonannya sudah kita terima. Nanti akan kita berikan,” katanya.

Sebelumnya, tiga ASN dilingkungan Pemprov Banten terancam dikanai sanksi, antaranya Kepala Dinas Pertanian Agus Tauchid (AT), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babar Suharso (BS) dan Kasubag TU Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Serang-Cilegon, Faturrohman (FR) karena diduga ikut terlibat pencalonan DPD RI M. Fadhlin Akbar yang tidak lain adalah putra Gubernur Banten Wahidin Halim.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru