oleh

Bau Durian Sebabkan Pesawat Air Canada Umumkan Kondisi Darurat

Kabar6-Karena bau durian yang menyengat, pilot pesawat Air Canada dengan nomor penerbangan ROU1566 dilaporkan mengumumkan kondisi darurat dan mengeluarkan masker oksigen.

Pesawat tersebut harus kembali ke Montreal, Kanada, gara-gara bau buah berduri tersebut. Pihak maskapai, melansir Kompas, mengumumkan Pan Pan yaitu kondisi darurat tertinggi kedua, di mana situasinya, meski tak membahayakan, dianggap sangat serius.

Pesawat yang membawa 245 penumpang dan delapan kru kabin Air Canada harus balik ke bandara asal 17 menit setelah terbang.

Dalam laporan insiden yang dipublikasikan Badan Keselamatan Transportasi Kanada (TSB), disebutkan tidak ada yang terluka. Laporan itu mengatakan, awalnya pesawat berjenis Boeing 767 baru saja lepas landas, ketika awak kabin mencium adanya bau kuat di seluruh kabin.

Karena tidak bisa menemukan asal dari bau tersebut, pilot kemudian meminta izin untuk mendeklarasikan kondisi darurat. Ketika akhirnya mereka mendarat kembali di Montreal, terungkap bahwa bau itu berasal dari durian yang disimpan dalam kargo kompartemen. ** Baca juga: Arkeolog Temukan Kota ‘New York’ Berumur 5.000 Tahun dari Zaman Perunggu

Durian dikenal sebagai buah tropis yang dijuluki sebagai ‘buah berbau paling menyengat di dunia’. Bau itu dikatakan memicu respons jijik yang kuat, dengan orang menyamakan baunya seperti bawang busuk, terpentin ( bahan cair berwarna kuning muda hingga cokelat yang diperoleh dari olahan getah berbagai pohon pinus), hingga kotoran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru