oleh

Bau Badan Bisa Dipicu Oleh 8 Makanan & Minuman Ini

Kabar6-Bau badan atau bromhidrosis adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat. Namun keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Bau badan sering berhubungan dengan rambut, kaki, anus, kulit, ketiak, alat kelamin dan mulut.

Selain kurang menjaga kebersihan, bau badan juga bisa dipicu oleh beberapa jenis makanan dan minuman, lho. Melansir dokter.id, berikut uraiannya:

1. Daging merah
Pada 2006, para peneliti di Republik Ceko mengumpulkan contoh keringat dari para pria yang mengonsumsi daging dan pria yang mengonsumsi sayuran. Para peneliti kemudian meminta para wanita untuk mengidentifikasi bau badan yang paling tidak enak. Secara umum, bau badan para pria yang mengonsumsi sayuran lebih baik dibanding pria yang mengonsumsi daging.

2. Bawang putih
Bawang putih dapat membuat Anda mengalami bau badan karena kandungan allicin di dalamnya. Allicin akan dicerna tubuh dengan cepat setelah masuk ke dalam tubuh dan diubah menjadi berbagai zat lainnya, yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat dan menimbulkan bau badan.

3. Asparagus
Asparagus dapat membuat air kemih Anda menjadi bau saat merkaptan (salah satu unsur belerang) tercerna di dalam saluran pencernaan. Jika Anda bingung mengapa air kemih Anda tidak menjadi bau setelah mengonsumsi asparagus, maka hal ini mungkin dikarenakan tubuh Anda tidak memiliki enzim untuk mencerna merkaptan.

4. Sayuran
Beberapa jenis sayuran seperti brokoli dan kol dapat menimbulkan bau badan. Hal ini dikarenakan keduanya mengandung banyak belerang dan antioksidan, yang memang dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh dan membunuh sel-sel karsinogenik (dapat menyebabkan kanker), akan tetapi juga dapat menimbulkan bau. Mengonsumsi sayuran ini dapat membuat kentut Anda menjadi bau.

5. Bawang bombay
Saat bawang Bombay tercerna di dalam tubuh, maka minyak bawang bombay yang memiliki bau yang tajam akan terserap ke dalam aliran darah, masuk ke dalam paru-paru Anda dan menimbulkan bau mulut. Semakin banyak bawang putih yang Anda makan, maka semakin lama bau mulut tersebut berlangsung. Hingga bawang bombay ini keluar dari dalam tubuh, maka bau mulut ini akan terus terjadi.

6. Makanan tinggi serat
Makanan yang mengandung banyak serat memang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, namun mengonsumsi lebih dari lima gram serat, terutama sebelum berolahraga akan membuat Anda mengalami bau badan.

Selain menimbulkan bau badan, mengonsumsi terlalu banyak serat juga dapat membuat perut Anda terasa kembung dan banyak gas. Hal ini dikarenakan makanan tinggi serat mengandung banyak gas seperti hidrogen, karbondioksida, dan metan.

7. Durian
Mengonsumsi buah durian dapat membuat mulut Anda menjadi bau. Durian merupakan buah yang mengandung banyak karbohidrat, protein, lemak, dan sulfur. Hal ini akan membuat mulut Anda menjadi sangat bau.

8. Kopi
Kafein yang terdapat di dalam kopi akan menstimulasi sistem saraf pusat, yang membuat kelenjar keringat Anda menjadi aktif. Selain itu, kopi merupakan suatu jenis minuman yang sangat asam, dapat membuat mulut Anda menjadi kering. Saat mulut kekurangan air liur, maka bakteri di dalam mulut akan bertumbuh dan menghasilkan sulfur yang dapat menimbulkan bau mulut. ** Baca juga: Bagian Tubuh yang Hasilkan Paling Banyak Bau

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru