oleh

Batasi Konsumsi Susu untuk Penderita Maag Karena Bisa Picu Nyeri Lambung

Kabar6-Susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk usia produktif, susu membantu pertumbuhan. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos.

Secara alami, susu mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak. Karena itulah setiap orang dianjurkan mengonsumsi susu.

Susu memang merupakan asupan penting yang proteinnya sangat baik bagi tubuh. Namun pada penderita mag (sindroma dispepsia), dikutip dari Wartakesehatan, konsumsi susu sebaiknya dibatasi karena bisa memicu timbulnya nyeri lambung. Ya, susu merupakan jenis minuman yang sulit dicerna, sehingga membuat asam lambung jadi meningkat.

Diketahui, orang dengan asam lambung tinggi memang harus berhati-hati mengonsumsi susu, karena proses digesti (mencerna) susu itu membutuhkan asam lambung. Saat mengonsumsi susu, produksi asam lambung akan meningkat. Inilah yang kemudian memicu timbulnya rasa nyeri di lambung, terlebih jika sudah ada luka. ** Baca juga: Cara Memasak yang Bisa Sebabkan Anda Keracunan Makanan

Meskipun demikian, bukan berarti penderita maag harus menjauhan diri dari susu. Anda hanya mengurangi takaran normal. Sebelum minum susu, disarankan mengonsumsi karbohidrat yang cukup. Dengan cara ini, asam lambung bisa bergerak bersamaan untuk mencerna karbohidrat dan susu, sehingga rasa nyeri berkurang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru