oleh

Batasi Enam Jenis Makanan Ini Untuk Cegah Osteoporosis Dini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun, tulang menjadi keropos dan rentan retak. Osteoporosis umumnya baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, saat pasien mengalami jatuh ringan.

Meskipun osteroporosis umumnya dialami mereka yang berusia lanjut, tidak ada salahnya Anda mulai menjaga pola makan sejak dini. Dikutip dari Aura, beberapa makanan ternyata bisa memengaruhi kepadatan tulang.

Apa sajakah makanan yang dimaksud? Dilansir laman Boldsky, berikut uraiannya:
1. Konsumsi terlalu banyak protein bisa menyebabkan produksi zat yang bernama sulfat, yang bisa menyebabkan kalsium tidak terserap oleh tubuh.

2. Penelitian terbaru menunjukkan konsumsi kopi terlalu banyak (4-5 cangkir per hari) meningkatkan risiko patah tulang. Termasuk mengonsumsi minuman bersoda yang bisa memicu kehilangan massa tulang pada wanita

3. Vitamin A dalam bentuk retinol ini terdapat pada hati, kuning telur, produk olahan susu, dan suplemen. Konsumsi vitamin A lebih dari 3000 mg bisa meningkatkan risiko patah tulang pinggul.

4. Sodium yang terdapat pada garam meja dan makanan olahan memicu ekskresi (pembuangan hasil metabolisme tubuh yang tidak dibutuhkan) kalsium melalui urine dan keringat

5. Salah satu bentuk dari garam oxalate akan mencegah penyerapan kalsium pada tubuh, jika makanan yang dikonsumsi mengandung kalsium dan oxalate. Ubi merupakan contoh makanan yang mengandung oxalate.

6. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan memengaruhi penyerapan kalsium dan vitamin D pada tulang. ** Baca juga: Begini Tanda Anda Kekurangan Zat Besi

Konsumsi keenam makanan dan minuman di atas secukupnya, untuk menjaga tulang tetap kuat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru