oleh

Batan dan Bapeten Kembali Ambil Tanah Terpapar Radioaktif di Batan Indah

Kabar6-Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) kembali lanjutkan proses pembersihan atau ‘Clean Up’ radioaktif di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

Terlihat para tenaga ahli memakai peralatan lengkap dengan memakai masker moncong saat mengambil tanah yang terpapar radioaktif nuklir.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Batan, Heru Umbara mengatakan, pihaknya akan melanjutkan proses clean up yang kemarin belum selesai.

“Pagi ini sampai siang akan mengambil sisa-sisa tanah yang masih mengandung zat radioaktif untuk dibawa ke Batan untuk diolah,” ujarnya kepada wartawan di lokasi. Minggu (16/2/2020).

Lanjut Heru, sehabis penampilan sisa tanah pihaknya akan lakukan mapping kembali, sehingga daerah yang terpapar radioaktif bisa dinyatakan aman.

“Nah, selain itu tentunya kita juga akan melakukan identifikasi lanjutan. Apakah setelah yang nanti kita pindahkan masih ada paparan yang masih melebihi. Itu kita lakukan berikutnya setelah kita memindahkan tanah yang terkontaminasi,” terangnya.

**Baca juga: Silahkan Warga Komplek Batan Beraktivitas, Asalkan.

Nantinya, Heru menjelaskan, tanah yang terpapar ini akan dimasukkan ke dalam drum lalu di bawa ke Lab Batan untuk dilakukan pengolahan dan juga penyimpanan.

“Jadi kalau di sana aman. Kalau di sini kita takutnya ada orang-orang yang berlalu lalang. Meskipun bisa kita sampaikan bahwa paparannya sudah jauh mengecil. Jadi dalam tanda kutip masih aman. Tetapi pada titik tertentu masih ada yang harus di bawa ke Batan,” jelasnya. (Eka)

Berita Terbaru