oleh

BATAN Bangun PLTN Ujicoba

Kabar6-Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), menyatakan siap membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) ujicoba di kawasan Serpong pada 2017.

 

Untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut pemerintah menyiapkan dana Rp1,7 triliun.

 

Kepala Bidang Kajian Infrastruktur Sistem energi Nuklir BATAN, Suparman, mengatakan bahwa reaktor daya kecil tersebut dapat dibangun sesuai arahan selama proses perizinan cepat, dan pemerintah juga menyediakan dana yang cukup.

 

“PLTN ini dapat menghasilkan 3,5 mega watt. Saat ini pembangunan PLTN mini dalam tahap kajian,” lanjutnya, kepada sejumlah wartawan di Gedung BATAN, Puspiptek Tangsel, Kamis (4/6/2015).

 

Menurutnya, pembangunan PLTN mini tersebut membutuhkan dana sebesar Rp1,7 triliun dengan jangka waktu pembangunan lima tahun. Ditargetkan pada 2019 mendatang bisa beroperasi.

 

Pembangunan PLTN ini sejalan dengan amanat UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025. Sesuai UU tersebut, Indonesia diharuskan memiliki PLTN pada 2019.

 

“Kami sudah mensosialisasi kepada masyarakat. Untuk meyakinkan pembangunan PLTN ujicoba ini aman. Tidak perlu ada yang dikhawatirkan,” ujarnya. ** Baca juga: Energen Raih Penghargaan Peduli Gizi 2015

 

Untuk meyakinkan masyarakat PLTN tersebut aman, pihaknya mengajak masyarakat serta komunitas yang bertempat tinggal berdekatan dengan lokasi PLTN ujicoba tersebut masuk ke dalam reaktor nuklir.

 

“PLTN ini non komersil. Kalau ini berhasil, bisa dibangun di daerah terpencil sebagai pasokan listrik ke rumah-rumah warga,” ungkapnya. (asri)

Berita Terbaru