oleh

Baru Dibuka Agustus 2019, Sebuah Restoran Akhirnya Dijual Hanya Seharga Satu Dolar Saja

Kabar6-Sebuah restoran bernama Lark and Owl yang berlokasi di Iowa City, Amerika Serikat, dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan cenderung tidak masuk akal.

Restoran milik Yi Zhang yang didirikan pada Agustus 2019 itu, melansir thegazette, dijual hanya seharga satu dolar saja atau sekira Rp14 ribu. Hal ini terpaksa dilakukan akibat kerugian finansial selama pandemi COVID-19. Restoran Lark and Owl sendiri menawarkan menu sarapan khas Tiongkok, serta menghadirkan pengalaman karaoke malam yang seru.

Zhang menyebut, ada banyak orang yang tertarik untuk membeli restorannya. Namun, semua calon pembeli itu merasa ragu untuk membeli setelah mengetahui bahwa biaya sewa bangunan restoran itu sangat mahal. Ya, biaya sewanya mencapai sekira Rp70,2 juta per bulan.

Dan biaya itu belum termasuk pengeluaran lainnya seperti membayar gaji karyawan. Akibatnya, karena biaya operasional yang tinggi, serta tidak adanya keuntungan yang masuk selama pandemi, membuat restoran ini tidak memiliki nilai jual. ** Baca juga: Efek Pandemi, Toko Permen Legendaris Berusia 111 Tahun di Jepang Tutup Selamanya

Lebih lanjut, Zhang telah mengajukan pinjaman uang dan dana pemerintah federal lainnya. Zhang memang menerima sejumlah dana dari program Perlindungan Gaji, tetapi Zhan bukanlah warga negara Amerika penuh. Karena itulah, ia dilarang untuk menerima pinjaman dana lain.

Zhang juga telah mengajukan dana dalam putaran terbaru hibah bantuan COVID-19 negara bagian, pada 1 Februari lalu. Sayangnya, uang tersebut juga belum cukup. “Uang ini hanya akan membuat kami tetap buka dua sampai tiga bulan saja,” kata Zhang.

Diketahui, Lark and Owl bukanlah satu-satunya korban pandemi COVID-19 di pusat kota Iowa City. Sejumlah restoran ikut gulung tikar, sementara lainnya telah melakukan berbagai cara untuk tetap buka.(ilj/bbs)

Berita Terbaru