oleh

Baru 14 WNI dari Yaman Sampai di Tanah Air

Kabar6-Ada sebanyak 110 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berhasil dievakuasi dari wilayah Yaman, Minggu (5/4/2015).

Namun, baru hanya ada satu rombongan berjumlahkan 14 orang dari mereka, tiba di tanah air, melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, sekira pukul 14.48 WIB.

Mereka diterbangkan dengan menggunakan pesawat Etihad ER-474, dan langsung disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno di Common Lounge Terminal 2.

“Ya, kita sudah sangat lega, telah berhasil mengevakuasi warga negara kita dari wilayah yang saat ini tengah berkecamuk konflik. Kita pun bersyukur mereka dalam kondisi sehat, walau pun cape karena sudah beberapa hari ada di perjalanan, akhirnya sampai di tanah air dengan selamat,” ujar Retno.

Menurutnya, dari total keseluruhan WNI yang telah berhasil dievakuasi ini, nantinya akan segera dipulangkan dalam empat kloter. Artinya, kata dia, masih ada tiga kloter lagi yang akan membawa mereka ke tanah air.

“Rombongan kedua ada empat orang pakai pesawat Qatar Airlines, rombongan ketiga ada 88 orang dengan Emirates dan rombongan keempat tiba tengah malam nanti, ada empat orang dengan pesawat Etihad,” jelasnya. **Baca juga: Peruntukan Pelabuhan Bojonegara Berubah.

Retno juga menambahkan, para WNI tersebut berhasil dievakuasi dari Kota Al Hudadida, Sebelah barat Yaman. Dalam perjalannya, tim evakuasi membawa mereka melalui jalur darat menuju Jizan, hingga kemudian menaiki pesawat TNI AU ke Kota Muscat, Oman.

“Selanjutnya, rombongan itu dari Muscat naik penerbangan komersil ke Jakarta,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru