oleh

Barang Palsu Merebak di Tangerang

Kabar6-Penggerebekan pabrik VCD, DVD dan software bajakan di Jakarta dan Tangerang beberapa waktu lalu, kiranya tidak membuat peredaran barang ilegal itu berhenti.

Faktanya, hingga kini peredaran VCD, DVD dan software bajakan masih tetap menggeliat diwilayah Tangerang. Selain mewarnai sejumlah titik kaki lima, barang palsu itupun mewarnai area sejumlah mal.

Pantauan kabar6.com di Supermal Lippo Karawaci, software bajakan kiranya dapat dengan mudah Anda temui di lantai 3 mal tersebut. **Baca juga: Polisi Bakal “Sapu” CVD Bajakan di Mall Tangerang.

Sedangkan untuk pemburu VCD dan DVD bajakan, bisa menemukannya di lantai Lower Ground (LG), tepatnya dibawah tenant khusus E-center atau akrab disebut electronic center.

Bahkan pedagang terang-terangan menjelaskan bahwa DVD dan CD bajakan tersebut sebagai barang dengan kualitas Original.

“Itu copian ori lho pak,” sapa salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya dilantai LG persisnya basement tersebut.

Pedagang itu juga mengaku bila dirinya sudah lima tahun berdagang di kawasan tersebut. “Tapi ada juga yang sudah delapan tahun berdagang disini,” ungkapnya.

Ditanya asal pasokan keping CVD dan DVD bajakan tersebut, sang pedagang mengaku mendapatkannya dari salah satu supplier di kawasan pertokoan Pinangsia, Tangerang Kota.

Saat ditanya terkait aturan dalam Undang-undang Hak Cipta, si pedagang pun langsung bungkam. Dia menyarankan agar Kabar6.com menemui seseorang bernama Roby, yang diklaim sebagai koordinator pedagang DVD, CD dan Software bajakan yang merupakan pegawai Lippo karawaci.

Fakta itu menunjukkan, adanya unsur pembiaran atas peredaran barang ilegal di lokasi. Faktanya, meski ada aturan yang melarang kegiatan tersebut, tapi pedagang tetap bisa bebas beroperasi.(agm)

 

Berita Terbaru