oleh

Bapeten Serahkan Penyelidikan Cesium 137 di Batan Indah ke Bareskrim Polri

Kabar6-Sekretaris Utama (Sestama) Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendrianto Hadi Tjahyanto mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan sepenuhnya misteri Cesium 137 (Cs-137) di Batan Indah, Setu, Kota Tangerang Selatan, ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

“Saat ini itu sudah ditangani oleh Bareskrim, sekarang kami Bapeten mendukung sepenuhnya data-data, hasil-hasil pengukuran, kita support ke Bareskrim, jadi Bareskrim yang jalan untuk melakukan investigasi tersebut,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Walikota Tangerang Selatan, Ciputat. Jumat (21/2/2020).

Hendrianto menuturkan, semua data-data sumber, data-data limbah, dan data-data termasuk industri sudah diberikan ke Bareskrim.

“Sudah berapa lama limbah radioaktif yang di Batan Indah, itu yang sedang di investigasi oleh Bareskrim. Untuk Cesium nya dari mana itu juga sedang di investigasi, darimana datang nya itu loh, kita gak bisa menduga-duga, tentu Bareskrim lebih ahli untuk melakukan investigasi itu, Bapeten mendukung sepenuhnya,” terangnya.

**Baca juga: Dua Warga Batan Indah Diduga Terkontaminasi Cesium 137 dari Tanaman.

Hendrianto menjelaskan, saat ini sudah ada saksi yang sudah diperiksa oleh Bareskrim Polri.

“Saya juga termasuk saksi, maksudnya itu di mintai informasi, siang ini saya mau kesana, ya kan kita mem back up data dan informasi yang kita miliki,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru