oleh

Banyak Warga Rusia Datangi Peramal Selama Perang Ukraina, Ingin Tahu Nasib Mereka

Kabar6-Sejumlah peramal, cenayang, dan dukun, menjadi sosok populer di Rusia yang kini tengah menghadapi serangkaian sanksi dari negara Barat lantaran perang di Ukraina. Ya, warga Rusia mencari peramal untuk mengetahui bagaimana masa depan mereka.

Di kota terbesar kedua Rusia, Saint Petersburg, seorang peramal bernama Elena Korolyova (63) menemui kliennya di apartemen. Dua kucing di atas tumpukan buku menemani Korolyova. “Orang ingin tahu bagaimana nasib Rusia setelah dikucilkan dari dunia,” kata Korolyova.

Korolyova, melansir france24, mencoba meyakinkan kliennya dan meramal Moskow tidak hanya akan selamat dari badai krisis ekonomi, tapi juga meraih kemenangan di Ukraina. “Bencana global akan makin berat September nanti, tapi Rusia akhirnya akan bertahan dan berjaya,” ujar Korolyova.

Peramal ini sendiri mematok tarif sebesar Rp13,4 juta sekali konsultasi. Tanpa menyebut angka, dia mengatakan sejak Rusia melancarkan operasi militer 24 Februari lalu kliennya kian bertambah.

Menurut statistik mesin pencari Yandex, pekan pertama peperangan, jumlah warga yang mencari kata kunci ‘peramal’ meningkat dua kali lipat di mesin pencari Yandex dari 42.900 pada 19 Februari, naik menjadi 95.000 pada 5 Maret.

Sementara itu Konstantin Daragan, peramal terkenal lainnya di Moskow yang mengklaim berhasil memprediksi pandemi COVID-19, juga mengatakan Rusia akan memenangkan perang di Ukraina dan melawan Barat. “Rusia akan menjadi pusat dunia setelah konflik,” kata Daragan melalui akun media sosialnya belum lama ini.

Daragan yang berasal dari Donbas, timur Ukraina, mengklaim dirinya sudah pernah menjadi penasihat sejumlah menteri, bankir, dan bahkan anggota intelijen Ukraina di masa lalu. ** Baca juga: Agar Dapat Donor Ginjal, Seorang Napi di Texas Minta Eksekusi Matinya Ditunda

Anna Markus, salah satu murid Daragan yang berusia 50-an tahun, mengatakan dia membaca perbintangan untuk memahami ‘kejadian di Bumi’. Peramal Vlad Ross yang cukup populer di media Ukraina mengatakan, Putin saat ini ‘sakit parah’ dan dia ‘tidak akan hidup lebih dari Maret 2023’.

“Saturnus adalah pertanda Rusia melawan Uranus, simbol Ukraina. Kemenangan kami akan segera tiba,” kata Angela Pearl, peramal terkenal Ukraina, dalam video yang dilihat lebih dari satu juta kali pertengahan Mei lalu.

“Orang Ukraina juga ingin tahu ‘jika perang nuklir terjadi, apakah mereka harus pergi dari negaranya, atau apakah keluarga mereka dalam bahaya’,” kata peramal Olena Umanets.

Diketahui, Umanets kini sudah meninggalkan Ukraina dan tinggal di Swiss. “Rusia akan meledak pada Maret 2023,” kata perempuan 38 tahun yang juga mantan musisi itu.(ilj/bbs)