oleh

Banyak RS Sakit di Banten Diusulkan Turun Kelas, Wagub Andika Bilang ini

Kabar6-Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy berharap alasan penurunan kelas sejumlah rumah sakit di Banten dari tipe B menjadi C bukan karena perekrutan untuk dokter spesialis. “Karena ini tidak semudah seperti yang dilakukan oleh pihak RS swasta. Diperlukan waktu dan tahapan lainnya, sehingga proses perektutan dokter spesialis ini bisa dilakukan,” ujarnya Rabu (24/8/2019).

Andika mengatakan hal ini menyikapi isu salah satu penyebab penurunan kelas rumah sakit di Banten diduga proses perekrutan dokter spesialisnya yang lambat dari ketentuan.

Informasi yang dihimpun Kabar6.com, rencana penurunan tipe RS Banten ini diduga karena disebabkan oleh faktor perekrutan dokter spesialisnya saja, agar bisa mengisi semua posisi dasar sehingga tipe RS Banten tetap menyandang tipe B.

Meski sebelumnya Pemprov Banten juga telah mengupayakan agar seluruh posisi dokter spesialis RS Banten bisa terisi penuh, salah satunya dengan dilakukannya penarikan dokter spesialis yang berasal dari Kota Tangsel. Namun hal itu nampaknya belum sesuai. Proses pemindahan dilakukan lewat dari tanggal 27 Mei sehingga dianggap tidak masuk hitungan.

Salah satunya, Andika mencontohkan, penempatan dokter di wilayah Banten Selatan tidak semua dokter spesialis mau ditempatkan sekaligus tinggal di daerah kerjanya yang jauh sehingga pada proses pencariannya menjadi banyak memakan waktu.

**Baca juga: 283.509 Peserta PBI BPJS Kesehatan Dinonaktifkan, Banten Lakukan ini

“Ada beberapa kendala dan faktor teknis juga, jadi tidak bisa dibilang begitu saja, kualitas pelayanan kita kurang. Tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut,” katanya.

Oleh karena itu, Andika berharap kedepan agar rencana penurunan tipe RS negeri tersebut batal dilakukan, sisi lain dampak yang ditimbulkan dari penurunan tipe tersebut dikhawatir akan berdampak langsung pada masyarakat disekitarnya, untuk mencari pelayanan kesehatan yang sesuai kelasnya.”Kalau semuanya turun kelas, bisa abis kita. Sedangkan pelayanan kesehatan sedang kita tingkatkan.” (Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru