oleh

Bantu Tingkatkan Konsentrasi dengan 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Kabar6-Seiring usia, kinerja otak pun semakin menurun. Ada banyak hal yang membuat kita susah konsentrasi, hingga membuat cara berpikir sedikit lambat. Padahal konsentrasi sangat dibutuhkan saat bekerja untuk meminimalisir kesalahan.

Apa yang sebaiknya dilakukan agar Anda tetap dapat konsentrasi selama bekerja? Melansir WebMd, ada tujuh makanan dan minuman yang bisa bantu mempertajam fokus hingga meningkatkan ingatan Anda. Apa sajakah itu?

1. Kafein
Kafein dapat membantu kita untuk lebih onsentrasi. Kandungan kafein bisa ditemukan pada kopi, teh atau cokelat. Namun jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena akan menyebabkan kita gelisah dan tidak nyaman.

2. Gula
Sumber gula yang dimaksud di sini adalah glukosa yang kita dapatkan dari makanan seperti karbohidrat dan jenis makanan lainnya. Untuk mendapatkan glukosa, Anda bisa mengonsumsi jus buah, yang dapat membantu dalam jangka pendek kemampuan otak seperti ingatan, pikiran, dan kemampuan mental.

3. Sarapan
Studi menemukan, sarapan dapat meningkatkan ingatan dan perhatian kita dalam jangka pendek. Pilih menu sarapan yang bisa menjadi bahan bakar otak, misalnya makanan biji-bijian yang berserat tinggi, produk susu, dan buah-buahan.

4. Ikan
Ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Mengonsumsi ikan bisa menurunkan risiko terkena penyakit demensia (penurunan kemampuan fungsi otak) dan juga stroke. Omega-3 memainkan peranan penting dalam meningkatkan memori terutama saat kita bertambah tua.

5. Kacang-kacangan dan cokelat
Menurut penelitian, kacang-kacangan atau bijian-bijian kaya akan antioksidan dan vitamin E yang membantu mengurangi penurunan kognitif seiring pertambahan usia.

Sementara cokelat hitam (dark chocolate) mengandung oksidan kuat dan stimulan alami seperti kafein untuk meningkatkan konsentrasi.

6. Alpukat dan whole grains
Kinerja jantung dan otak sangat dipengaruhi oleh aliran darah ke organ tersebut. Nah, alpukat dan whole grains baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, karena bukan saja menurunkan kolesterol jahat, juga mencegah menumpuknya plak sehingga aliran daran ke otak tidak terganggu.

7. Blueberry
Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan, blueberries membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, juga membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer maupun demensia.

Hasil studi menunjukkan, tikus tua mengalami peningkatan fungsi pembelajaran dan otot yang membuat kondisi mentalnya tidak jauh beda dengan tikus muda. ** Baca juga: Adakah Manfaat Olahraga untuk Pencernaan?

Bantu tingkatkan konsentrasi agar aktivitas harian Anda tidak terganggu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru