oleh

Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 6 Menu Sarapan Kaya Vitamin E

Kabar6-Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi saat sarapan. Anda juga bisa menyelipkan makanan sumber vitamin E dalam menu sarapan.

Spesialis Obat Penyakit Dalam National Heart Institute bernama Dr. Adarsh ‚Äč‚ÄčKumar, mengatakan bahwa selain menjaga daya tahan tubuh, makanan sumber vitamin E dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, kerusakan hati, kerusakan ginjal, dan bahkan degenerasi makula yaitu kerusakan mata yang berkaitan dengan usia.

Apa saja menu sarapan kaya vitamin E yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh? Melansir MSN, ada enam menu sarapan yang disarankan:

1. Susu almond
Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang almond berfungsi sebagai penghalang masuknya radikal bebas. Vitamin E, potasium, magnesium, dan serat di dalamnya akan memecah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel serta turunnya daya tahan tubuh.

2. Sup brokoli
Superfood satu ini juga menjadi bahan makanan kaya vitamin E yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh di pagi hari. Selain kaya akan vitamin E, sup ini juga memiliki sifat antikanker, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan merupakan salah satu makanan detoksifikasi terbaik.

3. Omelet bayam
Kandungan vitamin E dalam bayam sangat baik untuk mengatasi inflamasi. Zat anti-inflamasi dalam bayam juga sangat bermanfaat, terutama untuk mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri.

Mengonsumsinya secara rutin juga dapat mencegah munculnya atheroklerosis, penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.

4. Roti dengan topping alpukat
Setengah potongan alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sering dikaitkan dengan penurunan peradangan dalam tubuh.

Menurut studi yang dilakukan Journal Nutrition, mengonsumsi alpukat bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolik, dan jenis kanker tertentu.

5. Potongan mangga
Selain vitamin E, mangga juga mengandung vitamin K dan B kompleks yang bisa menjaga menguatkan daya tahan tubuh di tengah cuaca tak menentu.

Mangga juga mengandung vitamin C yang sangat memperkuat fungsinya sebagai makanan peningkat daya tahan tubuh. Satu mangkuk mangga bisa menambah asupan vitamin C kaya antioksidan sebesar 67 persen.

Mangga kaya antioksidan yang berfungsi untuk detoks racun yang masuk ke tubuh akibat radikal bebas seperti polusi, makanan tak sehat, hingga sinar matahari.

6. Sandwich tomat dan keju
Mengonsumsi secangkir tomat setara dengan satu mg vitamin E. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C. Satu buah tomat segar dapat menyediakan sekira 40 persen kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang ampuh untuk memelihara sistem metabolisme dan mencegah peradangan dalam tubuh. ** Baca juga: Begini Cara Jaga Keseimbangan Kadar Estrogen pada Wanita

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru