oleh

Bantu Atasi Perut Kembung dengan 3 Makanan Sehat

Kabar6-Serat adalah karbohidrat yang ditemukan dalam makanan nabati seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang dapat dipecah oleh organ tubuh, serat tidak mengalami pemecahan tersebut.

Serat hanya akan melalui organ pencernaan setelah Anda makan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus.Secara garis besar, serat terbagi atas dua jenis, yakni serat yang larut dalam air, dan serat yang tidak dapat larut dalam air.

Manfaat serat untuk tubuh adalah untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, dan membantu menurunkan gula darah.

Meskipun serat baik bagi kesehatan, serat ternyata juga dapat membuat perut Anda terasa kembung. Melansir Womenshealthmag, berikut beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk membantu menenangkan perut yang terasa kembung:

1. Ayam panggang
Ayam mengandung banyak protein yang mudah dicerna oleh saluran pencernaan Anda. Selain itu, ayam juga tidak mengandung banyak serat yang dapat membuat perut Anda semakin kembung dan tidak nyaman.

Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dengan saus atau menggorengnya. Hal ini karena keduanya dapat membuat perut Anda semakin terasa tidak enak.

2. Telur
Tidak pernah ada orang yang mengatakan bahwa perutnya terasa kembung setelah mengonsumsi telur. Hal ini karena telur sangat baik bagi lambung Anda. Telur merupakan makanan yang mudah dicerna dan dapat membantu menenangkan perut kembung karena mengandung protein.

Namun, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak minyak atau mentega saat memasaknya, karena terlalu banyak lemak akan membuat perut Anda terasa semakin tidak nyaman.

3. Kentang panggang
Karena hampir tidak mengandung lemak, maka kentang panggang sangat mudah dicerna oleh saluran pencernaan Anda.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru