oleh

Banten Siapkan Realokasi Anggaran 2020 untuk Penanganan Wabah Covid-19

Kabar6-Pemerintah Provinsi Banten menyatakan siap untuk merealokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerahnya (APBD) Banten tahun 2020 untuk penanganan virus covid-19.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan sejumlah alokasi yang sebelumnya sudah ditetapkan dalam APBD murni Banten tahun 2020 akan direalokasikan untuk keperluan penanganan virus covid-19. “Sambil menunggu kesepekatan bersama, yang akan digelar pada hari besok, bersama tim TAPD,” ujarnya, Kamis 19/3/2020.

Menurut Rina, realokasi anggaran tidak hanya harus berasal dari sumber anggaran milik Dinkes Banten, bisa juga berasal dari OPD lainnya.

Contohnya, kata Rina, alokasi anggaran BTT yang sebelumnya direncanakan untuk pembangunan jembatan yang terputus di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Anggaran perbaikan jembatan akibat diterjang bencana banjir dan tanah longsir beberapa waktu lalu hingga kini belum digunakan. “Bisa saja dipindah alokasikan anggarannya untuk penanganan penyebaran virus Corona ini,” ujarnya.

**Baca juga: Pandemi Corona, Mendagri Intruksikan Daerah Bangun RS dan Laboratorium.

Begitu juga dengan sejumlah anggaran lainnya, seperti biaya perjalan dinas di tiap-tiap OPD akan dipindah alokasikan.

“Besok tim TAPD akam mengevaluasi lagi, agar mana dulu yang lebih prioritas. Karena ini kan (covid-19) penangannya bukan dari hari ke hari, tapi dari menit ke menit, jadi harus ada penanggulangan betul-betul cepat.” (Den)

Berita Terbaru