oleh

Banten Salah Satu Penghasil Manggis Terbesar di Indonesia, Diekspor hingga Asia

Kabar6-Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus Tauchid mengatakan saat ini Provinsi Banten menjadi salah satu daerah penghasil buah manggis di Indonesia.

“Secara nasional, Banten menempati posisi ke 10 sebagai daerah produsen buah manggis,” katanya, Selasa (9/7/2019).

Menurut Agus, buah Manggis terbanyak dihasilkan dari perkebunan di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak dengan total mencapai 122.445 ton buah manggis pertahun.

Agus mengungkapkan, awal tahun lalu saja 93 ton buah Manggis asal Kabupaten Pandeglang diekspor kesejumlah negara di Asia dan pasar dalam negeri juga tinggi. “Pangsa pasar dalam negeri mencapai sebanyak 714 ton, seperti daerah tujuan Jakarta,Surabaya, Makasar, dan beberapa kota besar lainnya.”

**Baca juga: Gubernur Wahidin Janjikan Pelebaran Jalan untuk Petani Manggis di Pandeglang.

Menurutnya, berdasarkan data Dinas Pertanian Pemprov Banten, produksi manggis Pandeglang mencapai 122,445 ton dari 136.506 pohon yang menghasilkan. Adapun sentra utama manggis di Pandeglang berada di 6 kecamatan Kecamatan Bojong, Saketi, Cisata, Menes, Picung dan kcamatan Carita.

Total pohon manggis yang menghasilkan di Provinsi Banten mencapai 299.595 pohon dengan sentra utama berada di Kabupaten Pandeglang dan Lebak. (Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru