oleh

Banten Kucurkan Dana Rp 10 Miliar Untuk Penanganan Virus Covid-19

Kabar6-Pemerintah Provinsi Banten mengucurkan dana sebesar Rp 10,065 miliar untuk penanganan wabah virus Corona atau Covid-19.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, dana Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penangan virus corona di Banten telah masuk ke rekening Dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Selasa (17/3/2020).

“Diperuntukan untuk¬†belanja alat kesehatan penangan virus Corona di rumah sakit rujukan yang ada di Banten,” ujarnya kepada Kabar6.com, Selasa (17/3/2020).

Dana itu, kata Rina, juga digunakan untuk pengadaan ruang isolasi bagi pasien Corona, pengadaan alat ventilator, perlindungan diri perawat (APD) dan peralatan kesehatan lainnya dalam mendukung penanganan virus corona di Banten. “Termasuk biaya paramedis yang berjaga.”

Lebih jauh Rina mengatakan, nantinya sejumlah ruang rawat inap yang menjadi rujukan akan disulap menjadi ruang isolasi, melihat ketersedian anggaran yang ada, jika melalui pembangunan gedung baru yang dipastikan akan banyak memakan biaya nantinya.

**Baca juga: Kabupaten Kota di Banten Diminta Tegas Soal Upaya Pencegahan Virus Corona.

Saat disinggung apakah dana BTT tersebut nantinya akan digunakan juga untuk keperluan belanja pengadaan masker dan hand senitizer, lanjut Rina, Pemprov Banten saat ini masih fokus dengan melengkapi peralatan medis berikut menambah ruangan isolasi bagi pasien corona, termasuk oeralatan kesehatan didalamnya.

Dengan begitu, pihaknya berharap kepada semua pihak agar bisa bekerja sama dalam pengadaan masker dan hand senitizer ini bagi pegawai masing-masing ditiap-tiap OPD.

“Kalau itu kita bisa bersama-sama, tinggal pola mencuci tangan pakai sabun. Kalau dilingkungan (OPD) sepertinya itu sudah melalui swakelola masing-masing, sehingga tidak perlu melalui BTT, kita proritaskan ini dulu dalam penanganan cepat,” katanya.(Den)

Berita Terbaru