oleh

Banten Duduki Peringkat Ke 5 Daerah Pengekspor di Indonesia

Kabar6-Tanah Jawara masuk kedalam daftar lima besar sebagai daerah pengekspor terbesar asal Indonesia. Data tersebut berdasarkan pendataan selama Januari-Maret 2019 kemarin.

Hal itu terungkap saat Vidio confrence (vicon) Kepala BPS RI tentang BRS Nasional, di Kantor BPS Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (15/4/2019).

Berdasarkan data BPS RI menyebutkan, daerah dengan kontribusi terbesar pada ekspor dari dalam negeri, peringkat pertama diduduki Jawa Barat, disusul Jawa Timur, Kalimantan Timur, Riau, kemudian Banten.

Dengan rincian berdasarkan persentansenya, untuk Jawa Barat 18, 23 persen dari total ekspor nasional, disusul olah Jawa Timur 11,56 persen, Kalimantan Timur 10,36 persen, Riau 7,14 persen, terakhir dari Provinsi Banten 6,90 persen.

Sementara, untuk kontribusi ekspor dari dalam negeri diisi oleh Jabar, Jatim dan Kaltim mencapai 40,14 persen dari seluruh ekspor nasional.**Baca juga: 400 Ribu Jawara di Banten Siap Jaga TPS Dari Money Politik.

Sedangkan untuk negara tujuan ekspor terbesar dari Indonesia diduduki oleh negara Tiongkok, Amerika Serikat dan Jepang, mencapai 34,53 persen.(Den)

Berita Terbaru