oleh

Banten Diguncang Gempa, Warga: Langsung Baca Doa-doa

Kabar6-Warga sekitar daerah di Banten hingga ibu kota negara sempat panik diguncang gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter sore tadi. Gempa bumi yang terpusat dari Sumur Banten disebut tidak berpotensi bakal terjadi tsunami.

“Pertama lumayan kaget, langsung baca doa-doa. Kedua sebentar doang, namun terasa guncangannya,” ujar Uwoh, warga Taman Kirana Surya, Solear, Kabupaten Kabupaten Tangerang, kepada kabar6.com, Jumat (14/1/2022).

Saat terjadi guncangan gempa dirinya sedang dagang di warung kopi miliknya. Berbagai lafadz doa-doa pun diucapkan olehnya.

Terpisah, Kepala Bidang kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Abdul Munir berpesan agar masyarakat tetap terus waspada. Ia juga mengingatkan langkah awal yang mesti dilakukan masyarakat jika gempa serupa terjadi lagi.

“Untuk berhati-hati jika ada gempa susulan untuk tidak di dalam rumah dan untuk mencari lapangan atau ruang terbuka,” pesannya.

**Baca juga: Dua Pelajar Ditangkap Buntut Tawuran di Cikupa Tewaskan 1 Orang

Arum PMG, pengamat Meteorologi dan Geofisika menjelaskan gempa bumi pertama dirasakan 6,7 Skala Richter pada pukul 16:01 WIN, dan kedua 5,7 Skala Richter pada pukul 16:49 WIB.

“Pusat gempanya dari wilayah 52 kilometer Barat Daya Sumur Banten. Yang pertama guncangan gempa bumi kencang, namun yang kedua lebih kecil namaun tidak berpotensi tsunami, di Tangerang kekuatan gempa 3 MMI,” ujarnya.(Rez)

Berita Terbaru