oleh

Banjir Rendam 5 Kecamatan di Lebak, Kerugian Ditaksir Hampir Rp5 Miliar

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat banjir yang terjadi di 5 kecamatan merendam sebanyak 1.273 rumah. Lima rumah dilaporkan rusak berat dan ringan.

Ratusan jiwa mengungsi karena rumah mereka terendam air dengan ketinggian bervariasi. Satu orang warga juga dilaporkan meninggal setelah hanyut terbawa arus sungai yang meluap.

Banjir yang terjadi setelah wilayah Lebak diguyur hujan lebat semalaman menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Ditaksir kerugian dari banjir itu mencapai hampir Rp5 miliar.

“Berdasarkan perhitungan, kerugian diperkirakan sekitar Rp4,8 miliar. Sudah, ini sudah dilaporkan ke pemerintah daerah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama, Rabu (15/9/2021).

Kerugian itu dihitung melihat bagaimana kerusakan infrastruktur, kerusakan peralatan rumah tangga yang terendam banjir. Namun, kerugian terbesar didominasi oleh aktivitas ekonomi yang lumpuh akibat banjir.

“Seperti warga tidak bisa bekerja karena banjir dan aktivitas ekonomi lainnya yang berhenti atau tidak bisa dilakukan karena dampak banjir tersebut,” ungkap Febby.

**Baca juga: Bupati Iti ke Atlet PON 2021: Junjung Sportivitas

Kata Febby, dimulai kemarin, pihaknya bersama Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah bergerak membersihkan sampah di drainase yang menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya banjir.

“Dari kemarin sudah dilakukan, ya kita antisipasi agar tidak terjadi, dan kalau pun banjir bisa lebih cepat surut,” ucap dia.(Nda)

Berita Terbaru