oleh

Banjir di Cirendeu Permai Mulai Surut, Status Masih Siaga 1

Kabar6-Ketinggian air yang menggenangi RT 01 dan 02 RW 12 perumahan Cirendeu Permai, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berangsur surut.

Meski begitu pemerintah daerah setempat terus memantau dan masih menetapkan status siaga satu banjir.

“Semalam sudah surut bang. Cuma belum abis airnya,” ungkap Kepala Seksi Mitigasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Essa Nugraha, kepada kabar6.com yang dihubungi melalui sambungan selularnya, Jum’at, (23/11/2012).

Ketinggian air yang Kamis sore mencapai 1,5 meter, kata Essa, kini telah surut dibawah lutut orang dewasa. Sementara yang sebelumnya setinggi pinggang pagi ini sudah tinggal semata kaki.

“Sudah kondusif lah. Tapi siaga satu masih tetap diberlakukan 3X24 jam dari kemarin,” katanya.

Kondisi daerah banjir yang berangsur pulih membuat pihaknya harus menarik semua petugas yang sejak kemarin mengevakuasi warga korban banjir.

Seluruh petugas Unit Reaksi Cepat (URC)kini disiagakan di kantor BPBD Kota Tangsel yang terletak di jalan Raya Pamulang II. Petugas terus memantau wilayah-wilayah titik banjir melalui layanan kontak pengaduan di nomor 021-46461008.

Tak semuanya petugas bersiaga di kantor saja untuk menerima laporan pengaduan masyarakat dan memonitoring debit air di bendungan Katulampa, Bogor, tambah Essa.
Beberapa petugas URC ada yang ditugaskan untuk memantau titik-titik lokasi wilayah rawan banjir. Sementara sebagian lagi berkoordinasi dengan BPBD Banten untuk meminta bantuan logistik.

“Makanya personil ditarik semua pukul 11.00 WIB ini. Saya ingatkan kepada masyarakat agar menginformasikan kepada kami bila di wilayahnya sudah ada tanda-tanda akan banjir. Lebih sulit mengantisipasi longsor karena kejadiannya lebih cepat ketimbang banjir,” tambah Essa.(yud)

Berita Terbaru