oleh

Bangun Tidur Pagi Jangan Langsung Minum Kopi

Kabar6-Selama ini kopi identik dengan suasana pagi hari. Ya, minum secangkir kopi begitu bangun pagi dipercaya menjadi asupan energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Namun tahukah Anda, secara medis ternyata minum kopi di pagi hari justru tidak bagus untuk metabolisme tubuh?

Di pagi hari, kadar kortisol dalam tubuh secara alami akan tinggi. Ini bertujuan agar kita bisa bangun tidur. Jadi, jika bangun tidur langsung minum kopi, sebenarnya Anda sedang ‘bersaing’ dengan kemampuan alami tubuh untuk membuat kita terjaga.

Minum kopi langsung di pagi hari setelah bangun tidur, melansir beberapa sumber, membuat tubuh akan mendapatkan asupan energi yang sia-sia, karena sebenarnya tubuh tidak membutuhkannya. Jika Anda menunggu hingga satu setengah jam kemudian, waktunya akan tepat dengan energi alami tubuh yang mulai menurun.

Ketika bangun tidur, tubuh akan langsung memproduksi dan mengeluarkan hormon yang disebut hormon kortisol (hormon stres). Hormon ini akan memberikan energi pada seluruh organ tubuh untuk mulai bekerja dan berfungsi. Hormon kortisol adalah peningkat energi alami yang dimiliki tubuh

Minumlah kopi setelah makan dan bukan dalam kondisi perut kosong, karena dapat mengiritasi dinding lapisan usus dan berpengaruh lebih besar pada sistem saraf.

Hindari minum kopi terlalu sore atau bahkan malam, karena akan efeknya bisa bertahan hingga berjam-jam, sehingga bisa mengganggu waktu istirahat Anda. ** Baca juga: Tidak Disarankan, Pakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari kopi di pagi hari, jangan langsung minum kopi setelah bangun tidur. Tunggu beberapa jam setelah bangun tidur. Misalkan jika Anda bangun pukul 07.00 WIB maka sebaiknya minum kopi pukul 08.30 WIB.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru