oleh

Banda Aceh Ingin Adopsi Aplikasi Simral Tangsel

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.(bbs)

Kabar6-Penerapan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Penganggaran dan Laporan (Simral) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah diminati ‎Pemerintah Kota Aceh. Teknologi informasi tersebut dibuat untuk menjamin transparansi dan akutabilitas tata kelola keuangan daerah.

Kedatangan rombongan dari daerah paling Barat Indonesia ini dipimpin langsung Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’adudin Djamal ini disambut Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Kedua kepala daerah wanita ini membahas beragam kerjasama di kantor Balaikota Tangsel, Maruga, Kecamatan Ciputat.

Airin mengatakan, Pemkot Tangsel memang sudah menerapkan sistem informasi teknologi pada beberapa programnya. Hal ini dilakukan untuk menunjang kinerja pemerintah dan memangkas waktu kerja.

“Salah satunya yang kami gunakan adalah Elektronik Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan). Kami sudah gunakan sejak tahun kemarin. Jadi masyarakat bisa langsung menginput usulan-usulan mereka melalui sistem elektronik yang sudah disediakan,” tandasnya.

Sistem online seperti ini, kata dia, banyak manfaat yang didapat. Antara lain pelaksanaan lebih transparan dan masyarakat akan merasa dilibatkan langsung dalam proses pembangunan di kotanya.

“Jadi masyarakat bisa memantau langsung usulan mereka, dengan adanya aplikasi ini,” tandasnya.

Airin berharap, dari kunjungan Pemkot Banda Aceh ini bakal menelurkan beragam kerjasama yang melibatkan dua daerah. “Nanti akan dibahas bentuk perjanjian kerjasamanya seperti apa, bisa dilakukan antar-dinas di Banda Aceh dan Tangsel,” tandasnya. **Baca juga: 300 Personel Polisi Amankan MTQ Ke-13 Banten.

Sementara Walikota Banda Aceh, Illiza mengaku ada beberapa aplikasi milik Pemkot Tangsel yang bisa diterapkan oleh pihaknya. Salah satunya adalah e-Musrenbang. **Baca juga: Walikota Arief Buka O2SN Kota Tangerang.

Ia mengaku jajarannya bakal mendalami sistem e-Musrenbang yang sudah dijalankan di Kota Tangsel sejak tahun 2015 itu. **Baca juga: Jaringan Sahabat Andika Tersebar Masif di Tangsel.

“Terkait sambutan Kota Tangsel pun, kami sangat berterima kasih. Karena ada banyak yang dibahas dan bisa diterapkan di Kota Banda Aceh,” tandasnya.(yud)

Berita Terbaru