oleh

Baju Antariksa Wanita Kebesaran Jadi Penyebab NASA Batalkan Misinya

Kabar6-Misi perjalanan antariksa pertama yang seluruhnya diawaki wanita, batal dilakukan oleh badan antariksa NASA Amerika Serikat. Bukan karena kerusakan salah satu komponenya, melainkan karena baju antariksa yang seharusnya dipakai astronaut wanita kebesaran, dan NASA tak punya persediaan lainnya.

Seharusnya sesuai jadwal, melansir nytimes, Anne McClain dan Christina Koch akan masuk sejarah perjalanan luar angkasa. Sayangnya, karena tidak ada baju luar angkasa yang lebih kecil, McClain harus rela menyerahkan tempatnya dalam misi itu kepada rekan prianya Nick Hague. Diketahui Hampir 60 tahun setelah manusia pertama meluncur ke luar angkasa, hanya kurang dari 11 persen wanita yang melakukan perjalanan ke antariksa.

McClain dan Koch diketahui merupakan bagian dari kelas NASA 2013 yang 50 persennya terdiri dari wanita. NASA mengatakan, keputusan untuk mengubah rencana itu dibuat setelah berkonsultasi dengan McClain usai melakukan perjalanan luar angkasa. ** Baca juga: Seekor Singa ‘Menginap’ di Penjara Setelah Kabur dari Kebun Binatang

Pengumuman NASA itu disambut dengan kekecewaan dan kemarahan oleh banyak orang, setelah misi yang banyak dinantikan di media sosial.(ilj/bbs)

Berita Terbaru