oleh

Baik untuk Saluran Pencernaan, Konsumsi 5 Makanan yang Mengandung Bakteri Sehat

Kabar6-Bakteri selalu identik dengan kuman. Namun sebuah penelitian membalik gagasan mengenai bakteri, bahwa ada ‘bakteri baik’ dalam tubuh Anda.

Saat kekurangan apa yang disebut bakteri baik pada usus atau saluran pencernaan, Anda telah berkorelasi dengan obesitas, depresi dan penurunan kekebalan secara keseluruhan.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan percaya bahwa bakteri di saluran pencernaan sangat beragam dan membantu menjaga saluran pencernaan. Untuk menjaga agar bakteri baik ini dapat berfungsi dengan baik maka Anda bisa menjaganya dengan konsumsi makanan sehat. Melansir Shape, ini lima makanan sehat yang menjaga bakteri baik dalam saluran pencernaan:

1. Sup miso
Sup ini terbuat dari kedelai fermentasi yang mengandung bakteri baik. Merupakan salah satu makanan favorit warga Jepang biasa dimakan dengan nasi putih.

2. Yoghurt
Ini mungkin makanan bakteri sehat yang paling terkenal dari semuanya. Carilah yogurt rendah gula, rendah kalori yang mengandung lactobacillus, bifidus dan acidophilus untuk menuai manfaat kesehatan saluran pencernaan.

3. Sauerkraut
Mungkin Anda masih asing dengan makanan satu ini, merupakan makanan Jerman dari kubis yang diiris halus. Campuran kubis yang difermentasi ini mengandung lactobacilli plantarum dan telah terbukti memberi kekebalan tubuh, bersamaan dengan membantu pencernaan laktosa dan mengurangi pertumbuhan ragi sehingga membantu mencegah terjadinya jamur Miss V.

4. Kombucha
Ini adalah jamur teh dari Asia Timur, teh fermentasi jenis ini pasti memiliki rasa yang unik, tapi memiliki manfaat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. ** Baca juga: Makan Gunakan Tangan, Miliki Manfaat Tak Terduga

5. Kefir
Kefir adalah produk susu fermentasi yang merupakan probiotik alami. Ditemukan saat ini dalam segala hal mulai dari makanan siap saji sampai es krim, kefir biasanya lebih baik ditoleransi oleh mereka yang memiliki masalah intoleransi laktosa dibandingkan makanan fermentasi berbahan dasar susu.

Pencernaan yang sehat membuat tubuh selalu fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru