oleh

Bahaya yang Timbul Saat Anda Berlebihan Konsumsi Vitamin

Kabar6-Vitamin adalah zat organik tertentu yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil dalam mengatur metabolisme. Vitamin dapat diperoleh dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari, namun vitamin tertentu dapat diproduksi oleh tubuh.

Meskipun merupakan zat penting yang sangat diperlukan bagi tubuh, mengonsumsi vitamin pun sebaiknya tidak berlebihan karena tidak baik untuk tubuh. Dilansir Foxnews, berikut adalah efek merugikan jika mengonsumsi vitamin secara berlebihan:

1. Vitamin E
National Institutes of Health menyebut bahwa asupan Vitamin E yang normal per hari adalah 15 mg atau setara 22,4 IU untuk dosis orang dewasa. Penelitian John Hopkins University mengungkapkan, mengonsumsi vitamin E lebih dari 400 IU setiap hari meningkatkan risiko kematian sebesar 4-6 persen. Dan penelitian lain menyebutkan, kelebihan menerima asupan vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

2. Vitamin C
Manfaat penting vitamin C yang paling sederhana ialah meningkatkan sistem imun. Namun saat vitamin C masuk dalam tubuh dengan jumlah yang berlebihan, bukan sistem imun yang akan makin kuat, namun akan mengundang banyak masalah kesehatan, salah satunya batu ginjal.

3. Vitamin A
Vitamin A jika dikonsumsi lebih banyak daripada seharusnya juga bisa menimbulkan kerusakan. The American Journal for Clinical Nutrition menyebut bahwa kelebihan vitamin A bisa menyebabkan osteoporosis dan patah tulang pinggul. ** Baca juga: Apa Saja yang Akan Terjadi Saat Hormon Tubuh Bergejolak?

Konsumsi vitamin sewajarnya saja sesuai dosis agar tidak menjadi bumerang bagi tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru