oleh

Bahaya Pelihara Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Kabar6-Tidak sedikit orang, terutama kaum wanita, yang sengaja memelihara kuku jari tangan untuk menunjang kecantikan. Biasanya, kuku akan diberi kuteks aneka warna agar tampilannya semakin menarik.

Memiliki kuku panjang memang bisa membuatnya terlihat cantik. Namun apabila tidak dirawat, ada bahaya kuku panjang bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan Infectious Disease Society of America, melansir Grid, menemukan fakta panjang kuku yang lebih dari tiga milimeter di luar ujung jari membawa bakteri dan ragi berbahaya. Penelitian ini juga menemukan, banyak orang tidak mencuci tangan dengan cukup baik untuk menyingkirkan semua kuman di bawah kuku mereka.

Penulis penelitian bernama Dr. Carol A. Kauffman mengatakan, waktu mencuci tangan sebaiknya sekira 15 detik, termasuk membersihkan area di bawah kuku.

Hal ini karena, tangan bersentuhan dengan ratusan benda setiap hari, dan kita sering menggunakannya untuk kegiatan lain seperti memasak serta makan. Berikut beberapa alasan mengapa ada bahaya kuku panjang untuk kesehatan:

1. Berpotensi melukai diri sendiri ketika kuku tersangkut di ritsleting hingga jendela

2. Sering menggunakan kuku palsu rentan terhadap infeksi apabila dipakai terlalu lama

3. Memungkinkan bakteri dan infeksi lain memasuki tubuh saat makan menggunakan tangan yang berkuku panjang. Ya, kuku merupakan tempat sempurna bagi kuman dan kotoran untuk tinggal.
4. Kuku panjang bisa membuat kulit terluka ketika menggaruk

Lantas, bagaimana apabila Anda tetap ingin memanjangkan kuku? Hal yang harus dilakukan adalah jangan menggunakan kuku untuk membuka benda yang bisa mengikis bagian kuku, sehingga membuat kuku jadi lebih tajam dan berbahaya. Kemudian, pastikan mengenakan sarung tangan saat memasak, kemudian mencuci tangan untuk mencegah kuman berkumpul di bawah kuku.

Hindari juga menggigit kuku, karena kebiasaan buruk ini memungkinkan kuman masuk ke tubuh. Bersihkan kutikula kuku dengan sering, serta gunakan sanitiser secara teratur. ** Baca juga: Ketahui Efek Buruk Sering Tidur Larut Malam

Konsumsi makanan bergizi yang mencakup kalsium, protein dan vitamin, agar kuku tetap sehat, dan perbanyak minum air putih agar kuku tetap terhidrasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru