oleh

Bahaya ‘Bicara’ Negatif pada Diri Sendiri

Kabar6-Self talk adalah cara kita berdialog dengan diri sendiri saat menghadapi berbagai macam situasi. Kata-kata yang tanpa disadari sering kita ucapkan atau sering kita katakan kepada diri sendiri. Bisa jadi hal ini merupakan cerminan dari alam bawah sadar kita.

Biasanya, dialog dengan diri sendiri ini dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar Anda dan umumnya mengungkapkan pikiran, kepercayaan, pertanyaan, dan ide-ide. Bagaimana isi self talk dalam pikiran akan mengungkapkan juga seberapa optimis Anda dalam menjalani kehidupan.

Jika Anda adalah orang yang optimis, self talk dalam pikiran pastilah berisi hal-hal yang penuh harapan dan sikap positif. Sebaliknya, apabila Anda termasuk orang pesimis, self talk yang dilakukan pastilah mencakup hal-hal negatif lainnya.

Karena itulah, jika Anda menyadari bahwa isi self talk yang biasa dilakukan lebih banyak negatif daripada positif, sebaiknya segeralah belajar untuk mengubah itu. Mengapa demikian? Melansir sehatq, sering mengatakan hal negatif terhadap diri sendiri memiliki dampak yang berbahaya. Apa sajakah itu?

1. Pemikiran Anda menjadi terbatas
Misalnya Anda sudah mencap bahwa tidak bisa melakukan sesuatu. Semakin sering Anda mendengar ungkapan tersebut, tanpa sadar Anda akan semakin memercayai ungkapan tersebut benar.

2. Perfeksionis
Anda menjadi punya pemikiran bahwa sekadar ‘bagus’ saja tidaklah cukup. Sesuatu harus dilakukan dengan ‘sempurna’ karena kesempurnaan dapat dicapai.

3. Perasaan depresi
Self talk negatif yang tidak segera dicegah dapat membuat seseorang menjadi depresi.

4. Muncul tantangan dalam membina hubungan dengan orang lain
Tanpa disadari, self talk negatif dapat membuat Anda memiliki kebiasaan yang sebenarnya bisa mengganggu orang lain. Misalnya, Anda jadi minder dan kurang percaya diri.

Mengapa penting untuk memiliki self talk positif? Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa dengan memiliki harta benda yang diinginkan dapat membuat seseorang merasa bahagia. Namun para peneliti mengungkap bahwa hanyalah 10 persen kebahagiaan yang dapat diukur dari materi.

Karena 90 persen sisanya, tak lain dan tak bukan adalah berasal dari cara pandang Anda terhadap kehidupan. Tanpa disadari, cara Anda memandang kehidupan berawal dari self talk seperti apa yang biasa Anda lakukan, entah itu positif ataupun negatif.

Beberapa bentuk umum dari self talk negatif antara lain:

1. Menyaring segala hal positif
Ini terjadi ketika Anda hanya menonjolkan aspek negatif dari suatu situasi dan tidak menunjukkan sisi positifnya.

2. Cenderung menyalahkan diri sendiri
Jika ada suatu hal buruk yang terjadi, Anda langsung menyalahkan diri sendiri. Padahal belum tentu Anda yang menyebabkan peristiwa buruk tersebut terjadi.

3. Menganggap hidup penuh kesialan
Ketika Anda mengalami satu kejadian yang kurang menyenangkan, maka Anda merasa sisa hari akan buruk dan penuh kesialan. ** Baca juga: Jaga Kesehatan Mental dengan 5 Kebiasaan Sederhana dalam Keluarga

4. Selalu ingin segala sesuatu berjalan sempurna
Bagi Anda, hanya ada istilah baik atau buruk dalam sebuah penilaian. Tidak ada yang sedang-sedang saja. Anda merasa bahwa harus menjadi sempurna atau tidak berhasil sama sekali.

Yuk, hilangkan self talk yang bernada negatif, dan bangun kata-kata positif untuk diri sendiri agar selalu menjadi orang yang optimis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru