oleh

Bagaimana Sebaiknya Makan Malam?

Kabar6-Makan malan sering menjadi dilema, terutama di kalangan wanita. Maklum, urusan yang satu ini selalu berhubungan dengan berat badan atau obesitas.

 

Jadi sebenarnya, kapan sih makan malam yang paling tepat dan sehat?

 

Sebaiknya makan malam dilakukan 3-4 jam sebelum tidur. Jangka waktu itu untuk memberikan kesempatan pencernaan untuk memproses makanan yang kita konsumsi.

 

Dengan demikian, saat kita beristirahat, pencernaan tidak terbebani. Dianjurkan makan malam antara pukul 18.00 WIB hingga 19.00 WIB, untuk mengantisipasi jam tidur kita, yang biasanya berkisar pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB.

 

Makan malam lebih awal sangat disarankan. Manfaatnya antara lain:

 

1. Langsung tidur begitu makan malam, akan membuat perut tidak nyaman, karena asam lambung naik, sehingga membuat perut bagian atas seperti terasa terbakar. Nah, makan malam lebih awal, dapat membantu menurunkan risiko maag.

 

2. Makan malam lebih awal dapat menghindarkan porsi makan yang berlebihan, karena jarak makan siang dan makan malam tidak terlalu lama. Selain itu juga memberi kesempatan pada pencernaan untuk mengolah makan malam.

 

3. Makan malam lebih awal menurunkan risiko obesitas. ** Baca juga: Makanan yang Membantu Kesehatan Pendengaran

 

Tubuh memiliki jam kerja yang mengatur tubuh kita saat bangun tidur, waktu makan, dan waktu tidur. Jadi sebaiknya, jangan membebani pencernaan kita dengan makan di luar jam tersebut. (ilj)

Berita Terbaru